TP-PKK Berikan Bantuan Paket Makanan Bergizi untuk Masyarakat Purwakarta dan Pandeglang Banten

INFOBUMI.com, Jakarta – Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tri Tito Karnavian menyerahkan paket bantuan makanan bergizi kepada masyarakat di Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Pandeglang.

Penyerahan bantuan tersebut dilakukan secara simbolis melalui sambungan virtual, Kamis (8/7/2021). Kegiatan bertajuk “Tim Penggerak PKK Peduli terhadap Penurunan Angka Stunting melalui Berbagi Makanan Bergizi kepada Keluarga Ibu Hamil, Keluarga Balita, Lansia dan Penyandang Disabilitas” ini, juga sebagai bagian dari peringatan Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional Tahun 2021.

Tri menjelaskan, kegiatan ini merupakan bagian dari respons terhadap masih tingginya angka penularan Covid-19. Apalagi, pandemi Covid-19 membuat sektor ekonomi terdampak. Hal itu membuat daya beli masyarakat menjadi lemah. Ditambah lagi, saat ini tengah berlaku PPKM Darurat untuk Jawa dan Bali, yang sebelumnya juga dilakukan PPKM skala mikro di sejumlah daerah. “Sehingga melalui instruksi pemerintah dari Bapak Presiden maupun Bapak Mendagri bahwa bantuan yang diharapkan kepada masyarakat adalah bantuan langsung, yaitu sembako bahan makanan,” ujarnya.

Baca Juga:  PWI Gelar Turnamen Bupati Tangerang Cup 2022

Dengan situasi ini, lanjut Tri, PKK di berbagai daerah diharapkan dapat turun langsung mengerahkan segala upaya untuk membantu keluarga yang mengalami kekurangan. Bantuan itu dapat dilakukan dengan memberikan makanan bergizi kepada keluarga ibu hamil, keluarga balita, Lansia, dan penyandang disabilitas. Dengan begitu, diharapkan dapat menurunkan sekaligus mencegah kenaikan angka stunting.

“Marilah kita bersama-sama bergandengan tangan membantu para ibu hamil, ibu dan keluarga balita, para Lansia dan penyandang disabilitas yang pasti terkena dampak langsung terhadap masalah ekonomi yang terjadi saat ini,” seru Tri.

Sementara itu, Sekretaris Umum TP-PKK Hernawati Hudori mengungkapkan, paket bantuan telah dikirim ke Kabupaten Purwakarta pada 2 Juli 2021. Sehari setelahnya, paket bantuan juga dikirim ke Kabupaten Pandeglang. Secara keseluruhan bantuan ini berjumlah 5000 paket, dengan pembagian masing-masing kabupaten sebanyak 2500 paket.

Secara teknis, kata Hernawati, penyaluran bantuan ini dikoordinasikan oleh masing-masing pemerintah kabupaten dan TP-PKK di masing-masing daerah setempat, dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Komentar