oleh

Mengingat Pahlawan! Ada Gerakan Mengheningkan Cipta di Persimpangan Jalan di Gresik, Surabaya dan Sidoarjo

INFOBUMI.com, Surabaya – Hari ini banyak yang menggelar Gerakan Mengheningkan Cipta Indonesia. Seperti yang dilakukan petugas gabungan di Gresik, Surabaya dan Sidoarjo.

Di Gresik, Gerakan Mengheningkan Cipta Indonesia diikuti petugas gabungan yang terdiri dari Satlantas Polres Gresik, TNI, Dinas Perhubungan Pemkab Gresik, Satpol PP dan tenaga medis.

Gerakan itu digelar di sejumlah persimpangan jalan di Gresik mulai pukul 10.07 WIB. Tidak hanya petugas, para pengendara juga ikut mengheningkan cipta.

Gerakan Mengheningkan Cipta digelar di persimpangan Jalan Simpang Empat Sidomoro atau Tugu Keris Sumilang Gandring, Simpang Empat Giri, Tugu Lontar, Pos PPKM Jalan Veteran serta di Samsat Gresik.

“Iya kami lakukan di beberapa titik. Itu edaran dari Kemenag, kemudian kami tindaklanjuti untuk mendukung kegiatan tersebut. Jadi di setiap persimpangan yang kami jaga, pengendara kami imbau sebelumnya. Kemudian bersama-sama mengheningkan cipta sambil berdoa agar pandemi ini segera berakhir di Indonesia,” kata Kapolres Gresik AKBP Arief Fitrianto melalui Kasat Lantas AKP Yanto Mulyanto dilansir dari detikcom, Sabtu (10/7/2021).

Baca Juga:  Ditlantas Polda Banten Raih Juara 2 dalam Lomba Pelayanan Regident Lantas se- Indonesia

Mereka juga mendoakan keselamatan masyarakat di Indonesia. Pihaknya juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 6M. Yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan menggunakan sabun, mengurangi mobilitas, menghindari kerumunan dan menghindari makan bersama.

“Kami juga mensosialisasikan kampanye PPKM Darurat dengan tagline Polres Gresik JAMAN NOW. Jangan KeMana- Mana Neng Omah Wae,” pungkas Yanto.

Sementara di Surabaya, petugas gabungan di penyekatan Bundaran Waru menghentikan aktivitas untuk mengheningkan cipta pukul 10.07 WIB. Mereka terdiri dari anggota Satlantas Polrestabes Surabaya, TNI, Brimob Polda Jatim serta Dishub Kota Surabaya. Mengheningkan cipta dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polrestabes Surabaya.

Tidak hanya itu, kendaraan yang melintas juga sempat dihentikan selama mengheningkan cipta berlangsung. “Jadi ini merupakan instruksi dari Kementerian Agama. Untuk kita semua melaksanakan kegiatan Gerakan Mengheningkan Cipta Indonesia, selama tiga menit (serentak) di seluruh Indonesia,” kata Teddy kepada detikcom.

Baca Juga:  Patroli Sambang,Kapolsubsektor Palem semi Di Masa Tatanan Baru Beri Himbauan protokol Kesehatan di Pusat Pembelanjaan

Teddy menambahkan, kegiatan tersebut untuk mendoakan agar pandemi COVID-19 di Indonesia segera berakhir. “Untuk kita mengheningkan cipta, berdoa untuk kesembuhan Indonesia agar situasi pandemi ini segera berakhir,” ungkapnya.

“Makanya tadi kita melaksanakan kegiatan tersebut, termasuk seluruh kendaraan yang melintas di jalan kita hentikan untuk bersama-sama untuk mengheningkan cipta,” pungkas Teddy.

Lalu di Sidoarjo, puluhan kendaraan yang melintas di Bundaran Taman Pinang Indah berhenti tepat pukul 10.07 WIB. Semuanya tertunduk dengan satu harapan yakni agar Tuhan segera mengangkat wabah COVID-19 dari Bumi pertiwi.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Kusumo Wahyu Bintoro turun langsung ke Bundaran Taman Pinang Indah, untuk memimpin mengheningkan cipta bersama warga Sidoarjo. “Hari ini pukul 10.07 WIB kami serukan ke masyarakat untuk selama 60 detik mengheningkan cipta memohon kepada tuhan, agar pandemi COVID-19 berlalu. Dan kita semua dilindungi-Nya dan senantiasa diberi kesehatan,” kata Kusumo di lokasi.

Baca Juga:  Mendagri Harapkan Pemda Miliki Digital Security

“Semakin banyaknya masyarakat yang melakukan doa bersama ini, semoga pandemi COVID-19 segera berakhir,” jelas Kusumo.

Kusumo mengimbau agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan. Apalagi saat ini sedang melaksanakan PPKM Darurat.

“Kami mengimbau masyarakat di saat PPKM Darurat tetap mematuhi aturan yang berlaku. Dengan harapan bisa mengurangi angka penyebaran COVID-19,” pungkas Kusumo.

Komentar

Berita Terkait