Pemkot Makassar Bakal Isolasi Pasien Covid-19 di Kapal Pelni

INFOBUMI.com, Makassar – Rencana Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto untuk menggunakan kapal PT Pelni sebagai lokasi isolasi apung terpadu disebut mendapat respons positif dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi.

Isolasi terpadu apung skala kota ini menurut Danny, sapaannya, adalah sebuah konsep isolasi mandiri untuk pasien Covid-19 pertama di Indonesia. Bahkan Danny mengklaim hal ini belum pernah dilakukan di kota-kota besar lainnya di luar negeri.

“Saya sudah berkomunikasi dengan Menhub, beliau mendukung sepenuhnya dan disambut positif bapak Menhub,” kata Danny usai zoom meeting dengan perwakilan Kemenhub dan PT Pelni, Minggu (11/7/2021) di lansir dari CNN Indonesia.

Danny menerangkan, bahwa rencananya kapal penumpang milik PT Pelni akan tiba di Makassar pada Rabu 14 Juli mendatang. Kapal tersebut memiliki daya tampung sekitar 900 tempat tidur dan kapal ini diketahui sementara dihentikan beroperasi akibat pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Anggota DPRD Banten Oong Syahroni Ajak Masyarakat Lebak Disiplin Prokes dan Hindari Kerumunan

“Tanggal 14 nanti kita akan mengunjungi kapalnya, nanti kita akan menyusun protap isolasi mandiri kerja sama Kemenhub, PT Pelni, dan Pemkot Makassar. Kita akan siapkan program-program penyembuhan bagi pasien, kita akan siapkan juga Hepa Filter di kapal,” jelasnya.

Danny menegaskan kapal yang akan dijadikan sebagai lokasi isolasi ini akan ditempatkan di sekitar Pantai Losari. Lokasi tersebut dipilih untuk memudahkan pihak Pemkot Makassar melakukan pengawasan dan pendistribusian makanan dan obat-obatan .

“Hasil pembicaraan dengan PT Pelni, kita juga akan melibatkan semua unsur, termasuk TNI-Polri akan kita libatkan dalam program ini,” katanya.

Komentar