Kapolda Banten Ikuti Kegiatan Sepeda Jelajah Banten Merdeka

infobumi.com,Serang, Banten– Kapolda Banten, Irjen Pol, Drs. Tomsi Tohir, M.Si mengikuti kegiatan Sepeda Jelajah Banten (Sejabat) Merdeka Bersama Para PJU Polda Banten, dengan titik star di Korem 064/MY Serang, Sabtu (31/8/2019) sekira pukul 07.00 Wib.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri dan diikuti oleh Gubernur Banten yang di wakili oleh bapak Wakil Gubernur, Andika Hazrumy, Sos, Ketua DPRD Provinsi Banten Asep Rahmatullah, H.SM Danrem 064/MY Kolonel Inf. Windiyanto, Direktur Radar Banten Mashudi, S.H, Para panitia sepeda jelajah Banten (Sejabat), dan juga para peserta sejabat yang di ikuti oleh sebanyak 1.150 orang.

Kegiatan tersebut merupakan Gowes Sejabat seri delapan atau Sejabat Merdeka yang diadakan berkat kerja sama antara Polda Banten, Korem 064/MY dan Radar Banten dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Negara Republik Indonesia Ke-74 sekaligus untuk mengembangkan destinasi wisata dan sejarah Provinsi Banten.

Baca Juga:  Kanit Binmas Polsek Panongan Polresta Tangerang Melaksanakan Operasi Bina Kusuma Maung 2021

Gowes Sejabat Merdeka ini menempuh jarak 60 kilometer. Dengan rute Makorem 064/MY-Keraton Surosowan, Banten Lama-Tasikardi, Alun-alun- Kramatwatu, SDN Kemuning-Putri Mandi-Alfamart Soyog-Cilowong-Bojong-SDN Sayar-Galian Pasir Pancanagara, Pabuaran-Palima-Samsat Lama-Dalung-Sayabulu-Graha Pena Radar Banten.

Selain mendapatkan manfaat kesehatan dan kebugaran tubuh, Gowes Sejabat Kemerdekaan ini sekaligus mengenalkan kesenian khas Banten. Kesenian yang ditampilkan adalah rampak beduk, marawis, ketimpring dan debus. Untuk rampak beduk dimainkan oleh personel gabungan dari Satbrimobda Polda Banten dan Batalyon Infanteri 320/Badak Putih, di Banten Lama sambil melakukan aksi bersih bersih di sekitar kanal yang biasa banyak sampah.

Kemudian Gowes Dilanjutkan ke Alun-alun Kramatwatu untuk istirahat etape pertama .Di situ, panitia menyediakan minuman, camilan dan aneka rebusan (jagung, singkong, Ubi dan pisang). Dilanjut ke arah SDN Sayar.

Sedangkan marawis dimainkan oleh personel Yonif 320/ Badak Putih, Pandeglang. Sementara, ketimpring dan debus merupakan sumbangan warga Kampung Tongkleng Pasirwangi, Desa Pancanegara, Kecamatan Pabuaran, di bawah komando H Maman Samuti, Ketimpring dan debus itu menghibur peserta di lokasi pit stop atau istirahat ketiga, di Galian Pasir, Kampung Tongkleng Pasirwangi, milik H Maman Samuti.

Baca Juga:  Ditlantas Polda Banten Sosialisasikan Larangan Aktivitas Berkendara Bagi Pemotor

Kegiatan Fun bike Sejabat Merdeka ini berakhir di graha Pena Radar Banten, dengan Hiburan dan Pengundian Doorprize.

Komentar