Presiden RI Menyerahkan Hadiah Kepada Pemenang Festival Gapura Cinta Negeri

infobumi.com,Jakarta – Setelah berlangsung selama kurang lebih dua bulan, Festival Gapura Cinta Negeri memasuki tahap akhir. Melalui proses kurasi dan penjurian telah terpilih 10 pemenang Festival Gapura kategori umum, 3 pemenang kategori Lembaga/ Instansi/ Perusahaan/ Organisasi, dan satu peserta penerima apresiasi. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan hadiah langsung kepada para pemenang di Istana Negara pada Senin (2/9/2019).

“Apa yang dilakukan dalam festival ini membawa memori kita ke masa lalu. Menyambut HUT Kemerdekaan RI dengan penuh semarak, berbagai perlombaan yang sederhana tetapi meriah, serta beragam kegiatan yang merekatkan kebersamaan kita. Partisipasi dan antusiasme masyarakat di dalam menyemarakkan festival gapura tahun ini, memperlihatkan bahwa semangat itu masih ada di antara kita. Kami berharap tahun depan animo peserta semakin bertambah dan semakin meriah,” kata Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

“Apresiasi yang besar untuk peran serta dari banyak pihak yang telah menyukseskan Festival Gapura 2019 ini, utamanya kreativitas dan semangat gotong royong yang mewarnai proses pembuatannya. Acara seperti ini belum pernah ada, semoga menjadi tradisi kedepannya. Menjadi titik momentum membangkitkan kembali budaya selebrasi yang sudah ada sebelumnya,” ujar Kepala Bekraf Triawan Munaf.

“Kami selaku panitia tentunya sangat senang karena animo masyarakat sangat tinggi. Terbukti dari waktu yang cukup singkat, ada 1.793 gapura yang mendaftar melalui website gapuracintanegeri.com. Desain gapura pun bagus dan unik, karena mengandung unsur kearifan lokal di dalamnya. Dan setelah melalui proses penjurian yang cukup ketat, diperolehlah para pemenangnya.” jelas Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo.

Kesepuluh pemenang Festival Gapura Cinta Negeri kategori umum adalah Sriyanta dari Kabupaten Boyolali, Eko Siswanto dari Kota Semarang, Moh. Nurrohman dari Kabupaten Rembang, Roni Sintiu dari Kota Batu, Otniel Kayani dari Kabupaten Kepulauan Yapen, Dede Rahmat dari Kabupaten Bandung Barat, Arief Rahman dari Kota Banjarmasin, Ramsyah, ST dari Kabupaten Kutai Kartanegara, Mahgodie Idris dari Kota Palembang, dan Riyadi dari Kabupaten Magelang.

Baca Juga:  Kemendagri Dorong Sinergi Pusat-Daerah Awasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan

Sementara itu, tiga pemenang Festival Gapura Cinta Negeri kategori Lembaga/ Instansi/ Perusahaan/ Organisasi adalah PT. Varash Saddan Nusantara dari Kota Denpasar, SMA Kristen Barana dari Kabupaten Toraja Utara, dan Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno dari DKI Jakarta.

Mempertimbangkan semangat partisipasi masyarakat, panitia memberikan apresiasi khusus kepada peserta dari Nduga Papua. Untuk pemenang gapura terbaik diumumkan langsung oleh Presiden hari ini, yang dipilih di antara kesepuluh pemenang kategori umum. Selain itu juga akan diumumkan gapura favorit pilihan netizen.

Seluruh pemenang Festival Gapura mendapatkan hadiah berupa uang, piagam dan piala. Sebagai ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah berpartisipasi di Festival Gapura Cinta Negeri, panitia juga memberikan surat penghargaan elektronik yang bisa dicetak di daerah masing-masing.

Segenap panitia mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang setingi-tingginya kepada semua masyarakat dan juga Instansi/ Lembaga/ Perusahaan/ Organisasi yang sudah ikut berpartisipasi. Dengan semangat persaudaraan, masyarakat telah bergotong royong menyumbangkan tenaga dan juga material guna menghasilkan yang terbaik dan menjadi pemenang. Terima kasih juga disampaikan untuk semua pihak yang sudah mengambil bagian dalam pembuatan gapura, sekecil apapun itu juga menunjukkan rasa peduli untuk menjaga persatuan di negeri ini.

Baca Juga:  Sekjen Kemendagri Minta Aparatur Pemerintahan Siap Pimpin Perubahan

 

Komentar