Perpusnas Expo 2019, Berbagi Pengetahuan Untuk Kesejahteraan

infobumi.com,Jakarta— Pengetahuan berkembang sangat cepat. Perpustakaan mampu menghubungkan antara kemajuan peradaban dengan masyarakat. Agar tetap relevan dengan masa depan perpustakan harus bertransformasi. Tidak sekedar melayani kebutuhan pemustaka, tapi kandungan pengetahuan juga harus disebarluaskan sehingga lebih bermanfaat. Untuk itulah Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Expo 2019 digelar. Sesuai rencana, Perpusnas Expo 2019 akan dilangsungkan dari tanggal 5 hingga 22 September 2019.

“Tema ‘Berbagi Pengetahuan Untuk Kesejahteraan’, menjadi tema yang dipilih pada perhelatan Perpusnas Expo 2019. Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas) mengajak semua pihak bahwa sejatinya ilmu pengetahuan akan abadi jika disampaikan. Semakin banyak yang memanfaatkan, maka akan timbul kreativitas ataupun inovasi baru yang membawa pengetahuan baru dan kesejahteraan, dan begitu seterusnya,” kata Kepala Perpusnas, Syarif Bando di Jakarta, Rabu (04/08/2019).

Pada kesempatan yang sama Perpusnas melakukan penandatanganan kerja sama (MOU) dengan mitra perpustakaan.Tak hanya itu, Kepala Perpusnas bersama Dirut PT Pos Indonesia dan PT Peruri akan meluncurkan perangko edisi Naskah Kuno Nusantara.

Baca Juga:  Presiden Joko Widodo Terus Dorong Budaya Kewiraswastaan

“Naskah kuno yang dipilih adalah naskah kuno yang telah tercatat sebagai Ingatan Kolektif Dunia (MoW), yakni naskah I La Galigo, Babad Dipanegara, Negara Kertagama, dan Cerita Panji,” terang Syarif Bando.

Perpusnas Expo 2019 menghadirkan beragam kegiatan edukasi, mulai dari pemutaran film, talkshow city scape dan fun science, workshop film disabilitas, fotografi smartphone, video graphy, video editing untuk media sosial, vlog, joke writing, kewirausahaan kopi, wayang Uwuh, tarot, penulisan aksara Jawa-Unicode, seminarpengenalan drone; fotografi, literasi kopi; bedah buku Membaca Indonesia, Dwiki Darmawan live concert, festival cerita nusantara, easy writing, peluncuran buku Perpusnas ‘Ikon Peradaban dan Ilmu Pengetahuan serta 8 buku WWA dari Bekraf, kontes vlog, lomba musik literasi, lomba menggambar, hypno writing, sosialisasi Bahasa Esperanto dan website, orasi ilmiah pustakawan, sagusaku, diskusi tentang Hak Cipta, Iptek nuklir untuk kesejahteraan, dan perpustakaan untuk anak milenial.

Baca Juga:  Aplikasi ASAP Polri Akan Dibawa Menteri LHK Menjadi Percontohan di Tingkat Dunia

Perpusnas Expo 2019 berlangsung di fasilitas layanan Perpustakaan Nasional di Jalan Medan Merdeka Selatan Nomor 11, dan terbuka untuk diikuti secara gratis fasilitas layanan Perpustaaan Nasional.

 

Komentar