Mendagri Dampingi Menko Polhukam Tinjau Langsung Persiapan Upacara Pembukaan PON XX

infobumi.com, Jayapura – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meninjau langsung persiapan upacara pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Stadion Lukas Enembe Papua, Kamis (30/9/2021). Ajang pesta olahraga tingkat nasional tersebut bakal dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo pada Sabtu, 2 Oktober 2021 mendatang.

Bersama Menko Polhukam, Mendagri sempat menyaksikan langsung jalannya geladi bersih upacara pembukaan PON XX. Geladi tersebut juga turut disaksikan langsung oleh sejumlah masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan. Iringan tepuk tangan dari para penonton beberapakali sempat terdengar, saat para penampil menunjukkan aksinya.

Dalam kunjungannya itu, Mendagri menuturkan, berdasarkan laporan dari Pangdam dan Kapolda Papua, sejak 22 September 2021, banyak kontingen dari berbagai daerah yang sudah mulai bertanding. Sejak pertandingan beberapa cabang olahraga itu dimulai, hingga persiapan upacara pembukaan, seluruhnya dinilai berlangsung lancar. “Sejak 22 September, sudah banyak kontingen yang mulai main, dan sampai hari ini, Alhamdulillah lancar semua,” ujar Mendagri.

Baca Juga:  Asrama Haji Banten Akan Segara Di Bangun

Sementara itu, Menko Polhukam Mahfud MD menilai, secara teknis persiapan upacara pembukaan PON XX, mulai dari dukungan fasilitas, koreografi dari para penampil, dan kebutuhan lainnya telah berjalan baik serta memadai. Begitu pula dengan sejumlah kegiatan yang telah berjalan. “Meskipun namanya pekan olahraga nasional, tapi sebenarnya suasananya itu (seperti acara) internasional,” terang Mahfud.

Ihwal kebutuhan keamanan, lanjut Mahfud, semuanya telah diantisipasi oleh pihak terkait. Antisipasi itu dilakukan secara berlapis dengan penuh kedamaian, tanpa rasa menakuti. “(Penerapan antisipasi keamanan) tidak menakutkan, tidak seram, karena ini pesta olahraga,” kata Mahfud. Dalam kesempatan itu, dirinya juga mengajak agar semua pihak turut menyukseskan gelaran PON XX.

Puspen Kemendagri

(Red)

Komentar