oleh

Pantau Penanganan Pandemi di Solo, Mendagri Sebut Perkembangan Penanganan Relatif Bagus

infobumi. com, Surakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melakukan kunjungan kerja ke Solo, Jawa Tengah pada Minggu (31/10/2021). Dalam kesempatan itu, Mendagri melakukan pertemuan dengan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung untuk mendengarkan langsung perkembangan penanganan pandemi di kota tersebut.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Mendagri menyebut perkembangan penanganan pandemi di Solo relatif berjalan baik. Hal itu ditandai dengan membaiknya seluruh indikator pengendalian pandemi, seperti menurunnya angka penularan atau positivity rate, yang diikuti dengan akselerasi vaksinasi.

“Baik, sangat bagus, karena vaksinasi cepat sekali, kemudian kita lihat angka positive rate juga jauh turun, angka BOR (bed occupancy ratio) juga sangat rendah sekali, jadi sangat bagus sebenarnya,” ujar Mendagri.

Baca Juga:  Mendagri, Komisi II DPR RI & Penyelenggara Pemilu Sepakati Pemungutan Suara Pilkada Serentak pada 9 Desember 2020

Mendagri juga menuturkan, lawatannya ke Solo tersebut merupakan bagian dari kunjungan kerja untuk memantau perkembangan pandemi di wilayah aglomerasi. Seperti diketahui, Solo Raya merupakan salah satu wilayah penyangga di Jawa Tengah. Karena itu, penanganan pandemi di wilayah tersebut akan sangat berdampak pada pengendalian pandemi di Jawa Tengah secara keseluruhan.

“Nah kita ingin melihat juga bagaimana di Solo, karena Solo ini satu jantungnya Jawa, tapi kita lihat tadi penguatan dari Bapak Wali Kota, pandemi kembali bagus,” tuturnya.

Tak hanya aspek kesehatan dan indikator pengendalian pandemi, perbaikan juga ditunjukkan dengan kembali menggeliatnya sektor ekonomi di daerah tersebut. Mendagri berharap, perbaikan tersebut dapat berdampak langsung pada eksekusi program pembangunan yang sebelumnya telah direncanakan.

Baca Juga:  Mendagri Lantik Benni Irwan sebagai Kapuspen, Kemendagri

“Yang kedua itu adalah ekonomi, pendapatan juga relatif baik, meningkat,” katanya.

Dengan penurunan kasus dan perbaikan angka indikator pengendalian pandemi Covid-19 itu, Mendagri kembali mengingatkan pesan Presiden Joko Widodo agar masyarakat tak lengah dan tak lantas mengabaikan protokol kesehatan. Sebaliknya, masyarakat diminta tetap waspada dan menjaga protokol kesehatan di tengah pelonggaran aktivitas yang dilakukan secara bertahap ini.(Red)

Puspen Kemendagri

Komentar

Berita Terkait