oleh

Kapolresta Tangerang Hadiri Upacara Hari Pahlawan Nasional

infobumi. com, Tanggerang-  Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro menghadiri Upacara Hari Pahlawan Nasional tingkat Kabupaten Tangerang, Rabu (10/11/2021). Upacara dilaksanakan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Raden Arya Wangsakara, Lengkong Kulon, Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang.

Pada kegiatan itu, hadir Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, Dandim 0510 Tigaraksa Letkol Inf Bangun Siregar, Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Khalid Ismail, Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Maesyal Rasyid, dan Wakapolres Tangerang Selatan Kompol Lalu Hedwin.

Dalam amanatnya, Zaki yang menjadi inspektur upacara mengajak seluruh peserta upacara dan masyarakat untuk merefleksikan kembali tentang tekad para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Hall ini didasari, sejarah perjalanan bangsa Indonesia dalam upaya mendirikan negara memerlukan perjuangan yang panjang.

Baca Juga:  TNI-Polri Mantapkan Program Transformasi Pengawasan

“NKRI tidak akan berdiri menjadi negara yang merdeka berdaulat tanpa adanya perjuangan dan komitmen para pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa ini,” kata Zaki.

Hari Pahlawan pun, kata Zaki, juga harus dimaknai dengan melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan sosial, serta menguatkan. Kata Zaki, sikap kepahlawanan merupakan sebuah sikap perwujudan, tindakan dan pengorbanan yang penuh militansi.

“Sikap kesetiakawanan sosial merupakan perwujudan dari kepekaan sosial, semua ini merupakan kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolresta Tangerang Kombes Pol Wahyu Sri Bintoro mengajak semua masyarakat memaknai Hari Pahlawan sebagai momentum untuk menggugah kesadaran akan persatuan.

Baca Juga:  Kapolresta Tangerang dan Dandim 0519 hadiri Persemian Program Ketahanan Pangan Hidrokole PSMTI

“Tema Hari Pahlawan kali ini adalah ‘Pahalawanku Inspirasiku’. Ini tema yang mendorong kita semua menjadikan para pahlawan sebagai role model atau inspirasi,” ucap Wahyu.

Dikatakan Wahyu, hall yang dapat diinspirasi dari sosok pahlawan adalah semangat berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara. Semangat itu, lanjut Wahyu, harus dijadikan inspirasi bagi segenap elemen masyarakat untuk bahu-membahu berjuang untuk bangsa dan negara.

“Salah satunya berjuang bersama menanggulangi pandemi Covid-19,” tandasnya.(Red)

Komentar

Berita Terkait