oleh

Kerupuk Melarat, Cemilan Asal Cirebon yang Sudah ada Sejak Zaman Penjajahan

infobumi.com- Adakah makanan yang bisa dimasak dengan pasir? Mungkin pertanyaan ini sempat muncul di pikiran kita. Tapi, apakah benar ada makanan yang dapat dimasak dengan pasir? Jawabannya adalah “benar,” terdapat salah satu cemilan unik dari Indonesia yang dimasak dengan pasir.

Cemilan ini memiliki nama yang terbilang cukup unik yaitu¬† “kerupuk melarat” yang merupakan makanan khas Cirebon.

Dikutip dari Liputan 6, menurut Nurdin M. Noor salah satu budayawan asal Cirebon, nama dari kerupuk ini berhubungan dengan cara memasaknya yang menggunakan pasir, hal tersebut dikarenakan pada masa penjajahan, banyak dari rakyat Indonesia yang tidak memiliki minyak goreng karena depresi hebat yang melanda mereka. Maka dari itu, banyak orang yang akhirnya menggunakan pasir sebagai pengganti dari minyak goreng untuk menggoreng kerupuk.

Baca Juga:  Bavarian Haus, Salah Satu Restoran yang Unik di Puncak

Rasa dari kerupuk ini cukup berbeda dengan jenis kerupuk pada umumnya, yang biasanya digoreng menggunakan minyak goreng.

“Rasanya unik tidak terlalu renyah, namun memiliki tekstur yang unik dan rasa yang lezat, cemilan seperti ini memang harus dilestarikan oleh generasi mendatang,”ungkap (SKN) salah seorang anggota tim infobumi.

(JC)

Komentar

Berita Terkait