BPSDM Kemendagri Gelar Peringatan Isra Mi’raj dengan Webinar Penguatan Iman dan Taqwa ASN BerAKHLAK

infobumi.com, Jakarta- Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dengan webinar bertajuk “Peningkatan Iman dan Taqwa dalam Mewujudkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang BerAKHLAK”. BerAKHLAK merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Kepala BPSDM Kemendagri Teguh Setyabudi dalam sambutannya menyampaikan, Isra Mi’raj merupakan momen tahunan yang dilaksanakan umat Islam. Oleh karena itu bisa menjadi bahan instropeksi diri dan meningkatkan kualitas diri yang baik, khususnya dari sisi keimanan kepada Allah.

“(Serta) Menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari sebelumnya, serta yang tidak kalah penting meneladani sikap dan perilaku Nabi Muhammad SAW sebagai suri tauladan bagi kita semua,” katanya di Gedung BPSDM Kemendagri, Rabu (2/3/2022).

Baca Juga:  Sekjen Kemendagri Ajak Daerah Berkomitmen Kelola Pengaduan Masyarakat dengan Baik

Teguh mengingatkan, momentum tersebut sebagai media atau pedoman pencerahan bagi sikap dan tindakan ASN. Sehingga dari waktu ke waktu, dari hari ke hari, amalan baik dari segi kualitas maupun kuantitas menjadi meningkat. Ini selaras dengan core value ASN BerAKHLAK.

Puncak acara peringatan Isra’ Mi’raj ini diisi dengan ceramah dari K.H. Anas Kurdi. Ia menyampaikan, dalam perannya sebagai pelayan publik, ASN dilengkapi dengan kewenangan dan sumber daya yang diberikan oleh negara. Kendati demikian, otoritas dan sumber daya tersebut harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa, dan negara. Di sisi lain, ASN berperan dalam menjaga kehidupan masyarakat yang harmonis.

Baca Juga:  Kemendagri: Pilkada Serentak Gerakkan Perekonomian Daerah

Dalam kesempatan yang sama, Anas menambahkan pada peserta webinar untuk memperhatikan bulan Rajab sebagai momentum memanjatkan doa, sehingga dapat menjadi rangkaian ibadah penting lainnya di bulan Sya’ban dan Ramadhan. “Marilah kita gunakan bulan Rajab ini dengan sebaik-baiknya dengan memperbanyak amal salih, istighfar, sedekah, puasa, dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Acara tersebut didukung oleh seluruh pegawai, pimpinan BPSDM berserta staf, Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kemendagri Regional, Balai Pemadam Kebaran, hingga Satuan Polisi Pamong Praja.

Puspen Kemendagri

(Red)

Komentar