Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Hadiri Rapat Komite Eksekutif ke-33 CIRDAP Tahun 2022

infobumi.com, Jakarta- Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Yusharto Huntoyungo menghadiri Sidang Komite Eksekutif/Executive Committee (EC) ke-33 Centre on Integrated Rural Development for Asia and the Pacific (CIRDAP) yang digelar secara virtual, Selasa (19/4/2022). Dalam kegiatan itu, Yusharto bertindak sebagai Ketua Delegasi Republik Indonesia.

Gelaran tersebut dihadiri oleh 14 negara anggota CIRDAP di antaranya Bangladesh, Fiji, India, Iran, Indonesia, Lao PDR, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka, Thailand, dan Vietnam.

Sidang ini dimulai dengan laporan Direktur Jenderal (Dirjen) CIRDAP Cherdsak Virapat yang membahas terkait kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Cherdsak mengakui, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dapat menguntungkan laki-laki. Menurutnya, keterlibatan perempuan merupakan kunci meningkatkan pembangunan perdesaan, pertanian, ketahanan pangan, dan gizi. Hal tersebut menjadi inspirasi untuk mendirikan program pembangunan perempuan, pemuda, dan perdesaan.

Baca Juga:  Mendagri Dorong Pemda Sulawesi Tenggara Percepat Vaksinasi Covid-19

“Untuk merangkul integrasi gender di antara lembaga-lembaga terkait, CIRDAP bertujuan untuk membangun kapasitas anggota dalam pengarusutamaan gender dalam semua usahanya, dan memotivasi dukungan dan tindakan secara global. Program tersebut akan didirikan untuk meninjau kegiatan CIRDAP sebelumnya, serta untuk merencanakan pengembangan lebih lanjut untuk mempromosikan pemberdayaan dan kesetaraan gender,” pungkasnya.

Di lain sisi, dirinya menjelaskan tujuan utama dari CIRDAP, yakni membantu aksi nasional dan mempromosikan kerja sama regional yang berkaitan dengan pembangunan perdesaan terpadu dan mengentaskan kemiskinan. Ini dilakukan melalui jaringan Pusat Pembangunan Perdesaan Terpadu Nasional di negara-negara anggota di kawasan Asia dan Pasifik.

Langkah ini dilakukan agar mampu meningkatkan produksi, pendapatan, dan menyejahterakan kehidupan masyarakat petani skala kecil dan kelompok perdesaan lain yang membutuhkan dukungan. Selain itu, upaya ini juga untuk mendorong partisipasi masyarakat perdesaan dalam kehidupan sosial dan ekonomi.

Baca Juga:  Di Kabupaten Bekasi, Mendagri Minta Mata Anggaran Pengendalian Pandemi Covid-19 Segera Direalisiasikan

“Selain itu juga bertindak sebagai lembaga pelayanan bagi negara-negara anggotanya, dengan memberikan mereka dukungan teknis, mendorong pertukaran ide dan pengalaman, transfer teknologi dan pengembangan kapasitas, serta dengan mendorong kegiatan-kegiatan bersama atau kolaboratif yang akan menguntungkan negara-negara tersebut secara individu atau kolektif,” terangnya.

Di lain pihak, pada kesempatan tersebut, Yusharto menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan dan peran aktif seluruh negara anggota CIRDAP dalam menyukseskan Technical Committee (TC-36) CIRDAP tahun 2021, dan mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah gelaran tersebut.

Sebagai informasi, sidang EC-33 CIRDAP ini akan membahas 22 agenda. Hasil dari sidang tersebut kemudian bakal disampaikan dan disahkan pada Sidang Dewan Pengurus/Governing Council (GC-23) CIRDAP yang berlangsung pada Kamis (21/4/2022) mendatang.

Baca Juga:  Mendagri Keluarkan Instruksi Soal PPKM Darurat Pulau Jawa & Bali, Begini Isinya

Puspen Kemendagri

(Red)