Peringati Hari Kartini, DWP Kemendagri dan DWP Ditjen Bina Adwil Gelar Inspiring Woman Festival

infobumi.com, Jakarta – Dalam rangka memperingati Hari Kartini, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersinergi dengan DWP Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) menggelar Inspiring Woman Festival. Acara yang bertajuk “Perempuan Berdaya dan BerAKHLAK” tersebut berlangsung di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kemendagri, Kamis (21/4/2022).

Dalam sambutannya, Ketua DWP Kemendagri Nani Nofiar Suhajar mengatakan, peringatan Hari Kartini tahun ini merupakan momentum yang tepat untuk menumbuhkan kembali semangat perempuan di Indonesia. Semangat tersebut, terutama dalam upaya bangkit dari pandemi Covid-19.

“Semangat kita para perempuan sangat-sangat berkobar saat ini. Dan bicara tentang perempuan tidak akan ada habisnya dengan segala keunikannya,” ujar Nani.

Baca Juga:  Cegah Adanya Permainan, Bareskrim Selidiki Lokasi Karantina PPLN

Nani menuturkan, dengan berbagai keunikan yang dimiliki, perempuan berperan penting di lingkup keluarga. Peran tersebut seperti saat menjadi ibu yang menjadi sumber inspirasi bagi anak-anaknya.

Di lain sisi, pada kesempatan tersebut Nani menjelaskan terkait pemilihan tema “Perempuan Berdaya dan BerAKHLAK”. Dari segi BerAKHLAK, diharapkan melalui acara yang digagas itu bakal memberikan pemahaman baru bagi perempuan tentang nilai-nilai kejujuran. Nilai tersebut memiliki arti penting yang akan ditiru oleh anak-anaknya.

Sedangkan untuk ‘Perempuan Berdaya’ memiliki makna kekuatan dan kemampuan dalam melakukan sesuatu. Dalam konteks ini, perempuan dapat menjalankan perannya sebagai insan dalam memberikan kebutuhan bagi diri sendiri dan keluarganya.

Oleh karena itu, dalam menerapkan semangat Hari Kartini, Nani mendorong para perempuan agar memiliki semangat dan dedikasi yang tinggi. Selain itu, dirinya juga mengajak perempuan untuk saling menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  5 Manfaat Utama Pembangunan Obvitnas Bendungan Karian Lebak

“Sekali lagi saya ucapkan terima kasih. Dan kami sangat mendukung terselenggaranya acara ini,” tambah Nani.

Sementara itu, Ketua DWP Ditjen Bina Adwil Safriati Safrizal mengatakan, acara tersebut dihelat untuk memberdayakan dan mewujudkan nilai-nilai serta tugas DWP. Hal itu seperti meningkatkan kualitas keluarga aparatur sipil negara untuk mencapai kesejahteraan nasional. Safriati juga mengapresiasi kepada berbagai pihak yang mendukung terselenggaranya acara tersebut.

“Hari ini adalah Hari Kartini, semangat Kartini. Kita semua mengusung semangatnya Kartini. Mudah-mudahan nanti kita juga pulang dari sini bisa menjadi Kartini-Kartini yang lebih baik,” tandasnya.

Puspen Kemendagri

(Red)