Krakatau Erupsi, Terdengar Suara Dentuman Keras sampai Radius 60 Km

infobumi.com,Gunung Anak Krakatau terpantau mengalami erupsi sebanyak 4 kali pada hari ini, Jumat, 22 April 2022. Laporan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) itu menyusul rangkaian erupsi Gunung Anak Krakatau selama bulan April 2022.

Total, selama Januari-April 2022, Gunung Anak Krakatau sudah mengalami erupsi sebanyak 39 kali. Jumlah erupsi itu merupakan yang terbanyak di antara gunung api aktif di Indonesia.
Pada hari ini, atau 22 April 2022, erupsi gunung api di Selat Sunda itu terpantau berlangsung pada Jumat dini hari dan sore. Laporan ini berdasarkan data laman Magma Indonesia PVMBG.

Erupsi Gunung Anak Krakatau hari ini yang pertama terjadi pada pukul 00.49 WIB, Jumat dini hari (22/4/2022), dengan tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak (± 657 mdpl).

Baca Juga:  Kembali  Gempa Dengan  Magnitudo 4,2 Guncang Tanggamus Lampung

Kolom abu erupsi Gunung Anak Krakatau itu berwarna hitam, dengan intensitas tebal menuju arah barat daya. Alat seismograf merekam erupsi itu terjadi dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi 79 detik.

Kemudian, erupsi terjadi lagi pukul 01.45 WIB, Jumat dini hari. Pada erupsi kali ini, Gunung Anak Krakatau terpantau mengeluarkan kolom abu dengan tinggi ± 600 m di atas puncak (± 757 mdpl).
Bahkan dentuman keras tersebut sampai didengar warga di pandeglang banten.

Dalam kanal YouTube Indonesia Volcano Monitoring yang memantau pergerakan Gunung Anak Krakatau secara live camera CCTV pada 22 April 2022 pukul 22.46 WIB, Gunung Anak Krakatau kembali erupsi.

Terlihat Gunung Anak Krakatau di Selat Sunda menyemburkan lava pijar berkali-kali.
Sementara menurut pantauan CCTV, Gunung Anak Krakatau sampai pada pukul 22.54 WIB masih mengeluarkan lava panas dengan pijaran merah.(Red)

Komentar