Kemendagri Gelar Rakor Simpul Strategis Pembumian Pancasila

infobumi.com,Jakarta – Kementerian Dalam Negeri melalui melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum menyelenggarakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) ‘Simpul Strategis Pembumian Pancasila’ Rakornas diselenggarakan di Merlyn Park Hotel, pada Rabu (16/10/2019).

Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, Bahtiar dalam sambutannya mengatakan, Rakornas digelar sebagai tindak lanjut dari kegiatan MoU antara Kemendagri dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Penyelenggaraan Rakornas ini merupakan tindak lanjut dan merupakan arahan langsung dari Bapak Menteri Dalam Negeri untuk mendukung imlementasi pelaksanaan MoU antara Kemendagri dan BPIP pada tanggal 20 Mei 2019 tentang Pelaksanaan Pembinaan Ideologi Pancasila,” kata Bahtiar.

Menurutnya, Rakornas dengan tema “Simpul Strategis Pembumian Pancasila” ini juga merupakan momentum sebagai penguatan simpul seluruh Kesbangpol di Indonesia untuk mereaktualisasikan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Baca Juga:  Sidang Laporan Muhammad Rizal di Bawaslu, Saksi PPS Kuta Bumi Pasar Kemis Kaget Ada Penggelembungan Suara OKD Caleg PAN

“Momentum Rakornas ini sebagai penguatan simpul seluruh jajaran Kesbangpol di seluruh tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota untuk secara terus-menerus dan bersama dengan BPIP menggelorakan dan mereaktualisasi Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka tidaklah berlebihan rasanya jika Rakornas kita saat ini bertemakan “Simpul Strategis Pembumian Pancasila,” ujarnya.

Ia menambahkan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) adalah agen utama dalam pembumian Pancasila dan akan menjadi motor penggerak dan penjuru pembumian Pancasila di seluruh daerah di tanah air.

“Kemendagri bertindak sebagai simpul strategis atau poros pemerintahan dalam negeri mengembangkan dan melibatkan banyak unsur masyarakat dan bekerjasama dengan unit-unit Pemerintahan lainnya termasuk Badan Pembinaan Ideologi Pancasila,” ungkapnya.

Acara yang diikuti oleh seluruh perwakilan jajaran Kesbangpol di Indonesia, baik provinsi maupun kabupaten/kota ini juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, Plt Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Prof. Hariyono, M.Pd perwakilan Mendikbud, Perwakilan dari BNPT dan Plt. Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri. (Catharina.K)

Baca Juga:  Karo Ops Polda Banten Lakukan Monitoring Pilkades Serentak di Kabupaten Pandeglang

 

Komentar