oleh

Kesbangpol adalah Motor Utama Penggerak Pembumian Pancasila

infobumi.com,Jakarta – Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri (Plt. Ditjen Politik dan Pemerintah Umum, Kemendagri) Dr. Drs. Bahtiar, M.Si mengatakan bahwa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Badan Kesbangpol) adalah motor utama penggerak pembumian Pancasila di daerah. Menurut Bahtiar, sehari – hari kegiatan Kesbangpol tidak pernah terlepas dari urusan pembumian Pancasila mulai dari sosialisasi sampai dengan pemberian materi revolusi mental kepada DPRD terpilih hasil Pemilu Legislatif 2019 dan Praja IPDN.

Hal tersebut disampaikan Bahtiar saat memberikan sambutan dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Simpul Strategis Pembumian Pancasila di Merlynn Park Hotel, Jakarta pada Rabu (16/10/2019).

Menurutnya, saat ini Kesbangpol bersama dengan Kemendagri dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) merancang rencana strategis untuk membumikan Pancasila di daerah sesuai dengan Nota Kesepahaman antara Kemendagri dan BPIP Nomor MoU.05/Ka.BPIP/05/2019 dan Nomor 193/4011/SJ tentang Pelaksanaan Pembinaan Idologi Pancasila.

“Saya mengajak jajaran Kesbangpol seluruh Indonesia untuk bersinergi dengan Kemendagri dan BPIP membumikan Pancasila di setiap sendi kehidupan bangsa”, kata Bahtiar

Bentuk kegiatan strategis yang dimaksud Bahtiar ditujukan untuk kalangan legislatif, masyarakat umum, sampai dengan kaum milenial. Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri menurut Bahtiar telah melaksanakan kegiatan Diklat kepada kader revolusi mental di kampus IPDN dengan jumlah lulusan dari Tahun 2015 s.d. 2019 sebanyak 8.109 Kader Revolusi Mental dan pendidikan dan pelatihan bagi anggota DPRD terpilih hasil Pemilu Legislatif 2019 di BPSDM Kemendagri. Selanjutnya kegiatan yang akan segera dilaksanakan adalah forum nitizen yang akan diisi oleh para kaum milenial penggiat media sosial dari berbagai latar belakang.

Forum netizen tersebut lanjut Bahtiar tidak selalu membahas soal aplikasi, namun membahas terkait dengan program strategis pembumian Pancasila. “Kaum milenial harus paham apa itu Pancasila, karena Pancasila harus di aplikasikan di masyarakat bukan hanya di bangku sekolah”, tukas Bahtiar.

Di akhir sambutannya Bahtiar mengucapkan terimakasih kepada BPIP atas kepercayaanya selama ini kepada Kemendagri untuk menjadi mitra di daerah. “Kami Kemendagri dan Kesbangpol seluruh Indonesia mengucapkan terimakasih atas kepercayaan BPIP, semoga kebersamaan terus berjalan baik dan semakin kuat”, tutup Bahtiar.

 

Komentar

Berita Terkait