Tinjau Samsat Manado, Dirjen Bina Keuda Apresiasi Inovasi Samsat di Sulawesi Utara

infobumi.com, Manado – Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni mengapresiasi inovasi Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Apresiasi tersebut disampaikan Fatoni saat meninjau Samsat Kota Manado, Kamis (14/7/2022).

Dalam keterangannya, Fatoni mengatakan peninjauan itu untuk memantau, memonitor, dan mengevaluasi pelayanan Samsat yang ada di Kota Manado. Dalam peninjauan itu, Fatoni turut didampingi Kepala Bidang Pajak Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulut Jun Silangen dan jajaran Samsat Manado. Dirinya memantau area pelayanan, utamanya dari pelayanan sistem Samsat di dalam ruangan, hingga area pelayanan Samsat Drive Thru.

“Samsat Manado sudah cukup bagus, sudah ada drive thru, waktu istirahat bergantian sehingga tidak ada jam yang kosong. Ini bagus,” ujar Fatoni.

Selain itu, Fatoni juga mengingatkan Samsat Manado untuk meningkatkan capaian perolehan pajak karena akan berdampak terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Adapun rincian target perolehan pajak Provinsi Sulut pada 2022 untuk Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar Rp389,573,892,397. Kemudian Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Rp300,724,821,266. Sementara hingga 13 Juli 2022 perolehan pajak PKB telah tercapai sebesar Rp213,050,048,017 dan BBNKB Rp157,225,647,850.

Baca Juga:  Sesuai UU Penanggulangan Bencana,Pemda Harus Tetapkan Status Bencana,Baru Bisa Mencairkan Mata Anggaran Belanja Tak Terduga BTT Pada APBD

“Kemudian akan ditetapkan kebijakan untuk mendorong peningkatan pendapatan daerah, sehingga bisa maksimal. Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah peningkatan pelayanan. Keduanya menjadi konsen kita, karena saling terkait. Kita perlu lakukan dengan serius,” tegas Fatoni.

Dalam kesempatan itu, Fatoni juga mengapresiasi inovasi dan terobosan yang dilakukan Samsat di Provinsi Sulut dalam meningkatkan pendapatan dan pelayanan kepada wajib pajak. Hal ini seperti menyediakan pelayanan Samsat Malming, yakni pelayanan Samsat setiap malam Minggu di wilayah Bitung dan Kotamobagu. Selain itu, juga Sambalados yaitu Samsat Baron Wilayah Manado dan Sekitarnya, serta Samsat Weekend, yaitu pelayanan Samsat setiap hari Sabtu di wilayah Mantos dan Minut.

Inovasi lainnya yakni Samsat BSG, yaitu pelayanan Samsat yang dibuka di seluruh kantor cabang maupun cabang pembantu dan Kas Bank Sulut Gorontalo yang tersebar di kabupaten/kota. Kemudian inovasi Pos Samsat yang meliputi pelayanan Samsat di seluruh kantor pos Indonesia yang tersebar di kabupaten/kota. Kemudian inovasi Sistem Lembayaran PKB melalui ATM, Teller, M-Banking Bank SulutGo dan Tokopedia. Selain itu, akan dibuka juga layanan Samsat Keliling Laut Khusus Wilayah Kepulauan.

Baca Juga:  RS Penuh, Politisi Gerindra Minta Pemerintah Sediakan RS Darurat di Zona Merah COVID-19

Dirinya menambahkan, inovasi Samsat di Sulut merupakan terobosan yang bagus. Karenanya, Fatoni mendorong Samsat di daerah lain untuk meniru langkah tersebut.

“Samsat Manado menyediakan tiga jenis pelayanan, yaitu 10 Samsat Induk, 5 Samsat Pembantu dan 33 Samsat Unggulan yang meliputi Drive Thru, Corner, Outlet, Keliling, Mall Pelayanan, Gerai Bank Sulut Gorontalo hingga E-Samsat,” pungkas Fatoni.

Puspen Kemendagri

(Red)