Presiden Jokowi Sambut Kunjungan Resmi Presiden José Ramos-Horta di Istana Bogor

infobumi.com, Bogor- Presiden Joko Widodo menyambut kunjungan resmi Presiden Republik Demokratik Timor Leste José Ramos-Horta, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa, 19 Juli 2022. Tiba sekitar pukul 09.54 WIB, kedatangan Kepala Negara Timor Leste tersebut turut diiringi oleh pasukan Nusantara, pasukan berkuda, dan korps musik Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Prosesi penyambutan kemudian dilanjutkan dengan upacara penyambutan resmi dengan diperdengarkannya lagu kebangsaan kedua negara dan diiringi dentuman meriam sebanyak 21 kali. Setelah dentuman meriam selesai, kedua pemimpin kemudian melakukan inspeksi pasukan kehormatan.

Kedua pemimpin selanjutnya memperkenalkan delegasi dari masing-masing negara yang turut hadir mengikuti upacara. Delegasi Indonesia yang hadir yaitu Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Duta Besar Republik Indonesia untuk Timor Leste Okto Dorinus Manik.

Baca Juga:  Tinjau Bandara Soetta H-1 Natal, Kapolri Minta Pengawasan Ketat Masa Karantina PPI

Sementara itu, delegasi Timor Leste yang hadir ialah Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Adaljiza Abertina Xavier Reis Magno, Menteri Perhubungan dan Komunikasi Jose Agustinho da Silva, Menteri Pertanian dan Perikanan Pedro dos Reis, dan Duta Besar Timor Leste untuk Republik Indonesia Filomeno Alexio da Cruz.

Selesai memperkenalkan delegasi masing-masing, Presiden Jokowi kemudian mengajak Presiden José Ramos-Horta untuk berfoto bersama dan menandatangani buku tamu kenegaraan di Ruang Teratai. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon gaharu atau _Aquilaria beccariana_ bersama oleh Presiden Jokowi dan Presiden José Ramos-Horta.

Selepas penanaman pohon, kedua pemimpin negara kemudian menuju veranda untuk berbincang sejenak sebelum menggelar pertemuan bilateral. Saat memulai pertemuan bilateral, Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat datang kepada Presiden José Ramos-Horta atas kunjungan luar negeri pertamanya setelah dilantik menjadi Presiden Timor Leste pada 20 Mei 2022 lalu.

Baca Juga:  Kemendagri Kirim Tim Pendamping Pemerintahan Pantau Erupsi Gunung Semeru

“Selamat datang di Indonesia, Presiden Ramos-Horta dan delegasi. Merupakan kehormatan bagi Indonesia menerima kunjungan luar negeri pertama Presiden Ramos-Horta. Dalam pertemuan pleno ini secara khusus saya ingin membahas penguatan kerja sama bilateral khususnya di bidang ekonomi. Beberapa isu kawasan juga akan saya singgung secara singkat dalam pertemuan ini,” ucap Presiden Jokowi.

Usai pertemuan bilateral, Presiden Jokowi dan Presiden Jose menyaksikan nota kesepahaman (MoU) yang telah disepakati oleh kedua negara. Setelah itu, kedua pemimpin negara melakukan pernyataan pers bersama di Ruang Teratai. Rangkaian kunjungan resmi tersebut diakhiri dengan jamuan santap siang kenegaraan oleh Presiden Jokowi di Ruang Garuda.

(Red)