Pj Gubernur Banten Al Muktabar Dukung Budidaya Serai Wangi Kabupaten Tangerang

infobumi.com,Tangerang– Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mendukung pengembangan dan budidaya serai wangi. Memanfaatkan pekarangan dan lahan kosong di sekitar rumah untuk tanaman produktif.

“Ini bagus sekali untuk dikembangkan. Kegiatan ini mendukung program pemerintah. Baik tingkat Desa, Kecamatan, Kabupaten, Provinsi, hingga Nasional,” ungkap Al Muktabar saat meresmikan Kampung Serai Wangi di Dusun Karoya, Desa Carenang, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Jumat (2/9/2022) sore.

Kampung tematik ini merupakan inisiasi Kelompok 10 Kuliah Kerja Kemasyarakatan (KKK) Universitas Islam Syekh-Yusuf (Unis) Tangerang sebagai wujud pemberdayaan potensi serai wangi di sekitar lokasi.

Al Muktabar berharap masyarakat terus semangat melakukan budidaya serai wangi dan meningkatkan produksi dengan memanfaatkan sarana yang ada.

“Lahan di sekitar sini juga masih luas. Bisa saja misalnya ditambah peternakan atau perkebunan lain,” ujarnya.

Baca Juga:  Masyarakat Baduy Antusias, Layanan Diperpanjang 1 Bulan Di Kantor Desa

Al Muktabar mengapresiasi kegiatan yang digelar untuk meningkatkan bahan baku produk minyak serai wangi di wilayah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Al Muktabar menyampaikan bahwa kehidupan mahasiswa sekarang jauh berbeda dibanding saat dirinya masih kuliah. Mahasiswa saat ini harus lebih kreatif dan dapat membuka mata terhadap permasalahan yang ada di masyarakat sehingga menemukan solusinya.

Usai meresmikan, Al Muktabar juga meninjau lokasi penyulingan minyak serai wangi yang sudah beroperasi sejak satu tahun terakhir.

Kepala Bagian Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unis Tangerang Rizal Fahmi menjelaskan, KKK Unis Tangerang Tahun 2022 mengangkat tema Kolaborasi Penanggulangan Penurunan Angka Kemiskinan dan Pengangguran.

”Yang dilakukan oleh Kelompok 10 di Cisoka merupakan bagian dari upaya mahasiswa untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar. Tahun ini kami memiliki 22 Kelompok KKK yang tersebar di Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang,” tutur Fahmi.

Baca Juga:  Kanit Intel Bersama Kanit Binmas Polsek Panongan Polresta Tangerang Cek Pos Pantau Nataru di Gereja St. Odilia dan GBCR

Menurut Fahmi pendampingan kepada masyarakat akan terus dilakukan meskipun nantinya mahasiswa harus meninggalkan lokasi. Salah satunya melalui program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami juga melakukan survei di setiap lokasi untuk melakukan identifikasi kondisi masyarakat melalui aplikasi,” katanya.

Wakil Ketua Kelompok 10 KKK Unis Tangerang 2022 Muhammad Luqman menambahkan, peluncuran Kampung Serai Wangi merupakan kegiatan puncak pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Dalam sebulan terakhir mereka telah melakukan berbagai kegiatan seperti pelatihan budidaya Serai Wangi, workshop branding dan pemanfaatan digitalisasi untuk pemasaran, hingga pembahasan legalitas lembaga maupun produk minyak.(Red)

 

Komentar