Sekjen Kemendagri Minta Aparatur Pemerintahan Siap Pimpin Perubahan

infobumi.com, Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro meminta aparatur pemerintahan siap memimpin perubahan. Menurutnya, perubahan mengandung harapan untuk menuju keadaan yang lebih baik. Dalam hal ini, aparatur pemerintahan harus bersiap menjadi pemimpin dan bertransformasi menjadi pelayan masyarakat.

“Anda sebagai pemimpin yang akan mengubah, (sebagai) role model dari organisasi yang Anda punyai. Kenapa harus berubah menjadi lebih baik? Karena kita sepakat untuk mengubah organisasi menjadi lebih baik, dan kita sepakat harus dimulai dari pemimpin,” kata Suhajar saat membuka sekaligus memberikan arahan pada kegiatan Workshop Change Leader Kemendagri, di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin (3/10/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan, untuk dapat memimpin perubahan, pemimpin harus menjadi role model di lingkungan unit organisasi. Untuk dapat menjadi figur teladan, seorang pemimpin di unit organisasi juga harus dibekali kemampuan dalam mendidik.

Baca Juga:  Layani Ganti Dokumen yang Rusak, Dukcapil Terjunkan 4 Tim Tanggap Bencana Banjir di Jateng dan Jatim

“Jadi role model ini harus berani merubah kepada hal-hal yang baik, karena itu tugasnya yang pertama adalah mendidik, membuat sesuatu menjadi lebih baik harus ada yang diubah, maka kita mengubahnya. Jadi, tugas pertama para role model ini dalam rangka change of leader ini adalah mendidik,” jelasnya.

Di samping itu, pemimpin juga harus mampu menginternalisasikan core value BerAKHLAK yang merupakan akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Dengan demikian, pemimpin yang dapat mengelola kewenangan dan mampu mengambil keputusan serta mempertanggungjawabkannya, adalah pemimpin yang mampu mendidik, menjadi teladan, dan mencegah terjadinya hal-hal buruk.

“Ke mana arah perubahan ini? Yang bangga melayani bangsa, jadi berorientasi pada pelayanan, BerAKHLAK itu, artinya arah yang ingin kita capai sebagai role model, ini perubahan kepemimpinan yang ingin kita capai. Change leader ini adalah untuk mentransformasi Kemendagri menjadi organisasi pelayanan publik yang efektif,” pungkasnya.

Baca Juga:  Dukung UMKM, Mendagri Apresiasi Gelaran APKASI Otonomi Expo 2022

Puspen Kemendagri

(Red)