Kepala BPSDM Kemendagri Jelaskan Kunci Sukses Peningkatan Kompetensi Petugas Damkar

infobumi.com, Bogor – Perhatian terhadap peningkatan kompetensi petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan merupakan hal yang perlu terus didorong dan difasilitasi secara baik. Oleh karenanya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) terus berkolaborasi dengan pemerintah daerah (Pemda) untuk menjalankan upaya tersebut.

Langkah ini salah satunya dengan memfasilitasi penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Damkar Kualifikasi Pemadam I Pemda Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur. Diklat tersebut berlangsung dari tanggal 7 hingga 12 November 2022 di Balai Pengembangan Kompetensi Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Kepala BPSDM Kemendagri Sugeng Hariyono menyampaikan motivasi ihwal kunci sukses agar petugas Damkar memiliki loyalitas dan semangat kerja yang baik. Menurutnya, dalam membentuk sikap dan perilaku yang baik, diperlukan cara berpikir yang positif, motivasi, dan semangat kerja pantang menyerah.

Baca Juga:  Dana Daerah Masih Banyak Mengendap, Presiden: Jangan Ulangi di 2020

“Etos kerja adalah semangat kerja, apabila seorang pemadam kebakaran tidak memiliki semangat atas pekerjaannya maka tidak akan tercapai perlindungan kepada masyarakat. Hal ini dapat merugikan orang lain bahkan pada dirinya sendiri. Maka penting memiliki motivasi dan cara pandang yang lebih positif untuk menjalankan tugas dan fungsinya di lapangan,” ucapnya.

Lebih lanjut, peserta diharapkan dapat memiliki kemampuan kerja sama dalam menjalankan tugasnya. Kunci sukses lainnya yang perlu dimiliki yaitu sikap untuk selalu belajar. Hal itu dibutuhkan agar pertugas Damkar memiliki kecerdasan intelektual, emosional, maupun spiritual.

Dirinya berharap, peserta Diklat nantinya dapat mengimplementasikan berbagai pemahaman yang diperoleh selama kegiatan itu berlangsung. Tak hanya itu, Pemda juga dapat mengapresiasi kinerja baik para petugas Damkar.

Baca Juga:  Kemendagri Terima Masukan Terkait Bupati Terpilih Kabupaten Sabu Raijua

Puspen Kemendagri

(Red)

Komentar