Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian Lantik Pj. Ketua TP PKK Provinsi Papua Selatan dan Papua Tengah

infobumi.com, Jakarta- Ketua Umum (Ketum) Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tri Tito Karnavian melantik Ade Apolo Safanpo sebagai Penjabat (Pj.) Ketua TP PKK Provinsi Papua Selatan dan Thelda Valentinus Sumito sebagai Pj. Ketua TP PKK Provinsi Papua Tengah. Pelantikan tersebut berlangsung secara hybrid di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa (22/11/2022).

Adapun pelantikan didasarkan pada Keputusan Ketua Umum Tim Penggerak PKK Nomor 022-023/KEP/PKK.Pst/XI/2022 tanggal 18 November 2022 tentang Pengangkatan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Papua Selatan dan Papua Tengah.

Dalam sambutannya, Ketum TP PKK Tri Tito Karnavian mengatakan, pelantikan itu merupakan tindak lanjut dari pelantikan Pj. Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo dan Pj. Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk. Pasca-pelantikan itu, keduanya secara otomatis menjadi pembina dari TP PKK di provinsi masing-masing. Selain itu, pelantikan hari ini juga dalam rangka mempersiapkan kepengurusan di tingkat provinsi.

Baca Juga:  BPSDM Kemendagri Sosialisasikan Aplikasi SAKTI

“Pelantikan penjabat ketua Tim Penggerak PKK dari Provinsi Papua Tengah dan Papua Selatan ini adalah dalam rangka mempersiapkan kepengurusan di provinsi masing-masing. Oleh sebab itu nanti akan berlanjut komunikasinya dengan pengurus Tim Penggerak PKK Pusat,” katanya.

Tri menjelaskan, untuk mempersiapkan kepengurusan, proses yang dilakukan yakni dengan menjaring sumber daya manusia (SDM) yang diharapkan bisa berkontribusi pada pembangunan provinsi. Dia berharap, para pengurus mampu bersinergi dengan pemerintah provinsi masing-masing, serta bersinergi di tingkat pemerintah kabupaten.

“Kami mengharapkan Ibu sebagai Penjabat Tim Penggerak PKK bisa ikut berkontribusi seperti di provinsi-provinsi lainnya, walaupun mungkin jabatan hanya terbatas pada saat nanti diadakannya pemilihan gubernur definitif. Namun kami mengharapkan Ibu-Ibu bisa juga membuat fondasi yang cukup baik agar kepengurusan yang ada di provinsi masing-masing bisa mendukung semua program-program PKK,” ujarnya.

Baca Juga:  Semarakan HUT ke-77 Kemerdekaan Indonesia, Kemendagri Ajak Pemda Bagikan 10 Juta Bendera Merah Putih

Dalam kesempatan itu, dia menjelaskan, TP PKK Pusat sebagai pembina TP PKK di daerah memberi kesempatan pada pengurus untuk berkonsultasi. Para pengurus diharapkan memiliki wawasan yang cukup baik dalam mempersiapkan kepengurusan mendatang. Apalagi, kepengurusan tersebut juga didukung dengan adanya staf ahli, ketua bidang, dan anggota-anggota pengurus lainnya.

“Sekali lagi terima kasih Ibu-Ibu pengurus sekalian. Mudah-mudahan kita bisa bekerja sama, selanjutnya bisa membantu provinsi yang baru dalam mempersiapkan menjadi daerah yang maju sama dengan daerah yang lainnya,” pungkasnya.

Puspen Kemendagri

(Red)

Komentar