Menko Luhut Serahkan KK Warga di Stan Dukcapil Sail Tidore Expo 2022

infobumi.com, Tidore Kepulauan – Seusai perayaan puncak Sail Tidore 2022, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marvest) Luhut Binsar Pandjaitan menyambangi stan Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Sabtu (26/11/2022).

Selain mengamati layanan administrasi kependudukan, Menko Luhut juga menyerahkan Kartu Keluarga (KK) kepada seorang warga Tidore yang saat itu usai dilayani petugas Dinas Dukcapil Kota Tidore Kepulauan.

Kunjungan Luhut merupakan bagian dari tour para pimpinan lembaga ke Sail Tidore Expo. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian event Sail Tidore 2022. Expo ini jadi ajang bagi kementerian/lembaga, BUMN, BUMD, UMKM, dan usaha lokal untuk memberikan pelayanan dan memamerkan produk unggulannya kepada masyarakat.

Baca Juga:  Dukung Inpres No. 2 Tahun 2020, FORPAN Akan Bersinergi Dengan Polda Banten

Sebagai Ketua Panitia Sail Tidore 2022 sekaligus mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir, Luhut memimpin tour expo rombongan menteri.

Selain itu, ikut pula Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, serta Wali Kota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim. Juga perwakilan negara sahabat, serta pimpinan tiga matra TNI angkatan darat, laut, dan udara.

“Dukcapil terus berkomitmen menghadirkan pelayanan yang membahagiakan masyarakat melalui layanan administrasi kependudukan,” kata Sekretaris Ditjen Dukcapil Kemendagri Hani Syopiar Rustam di sela-sela acara.

Di saat bersamaan, lanjut Hani, Dukcapil hadir di tengah-tengah masyarakat Cianjur yang tengah mengalami musibah bencana gempa. Pihaknya ingin memastikan, warga terdampak kembali mendapatkan haknya memiliki KTP-el, KK, akta, dan dokumen kependudukan lainnya yang hilang atau rusak akibat gempa yang telah menelan banyak korban nyawa dan harta tersebut.

Baca Juga:  Dengan 353 ADM, Layanan Adminduk Digital Makin Optimal

“Setiap warga negara memiliki hak yang sama mendapatkan dokumen kependudukan. Tapi untuk kondisi tertentu seperti daerah bencana, masyarakat adat terpencil, daerah terluar dan perbatasan, kami berusaha gerak cepat dan memberi prioritas,” tutup Hani.

Sail Tidore 2022 merupakan ajang internasional yang rutin diselenggarakan setiap tahunnya. Gelaran ini sempat tertunda selama pandemi Covid-19 beberapa tahun terakhir. Berlangsung sejak 24 hingga 28 November 2022, Sail Tidore 2022 mengusung tema “Tidore Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-Bangsa.”

Puspen Kemendagri

(Red)

Komentar