Segera Digelar, Penghargaan IGA 2022 Bakal Dihadiri Mendagri

infobumi.com, Jakarta – Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2022 bakal digelar pada Jumat (23/12/2022) di Gedung Sasana Bhakti Praja (SBP) Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Sesuai agenda, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian akan menghadiri gelaran tersebut sekaligus memberikan piagam penghargaan kepada daerah terinovatif.

Keputusan tersebut menjadi salah satu pembahasan dalam agenda Rapat Lanjutan Koordinasi Eksternal Pelaksanaan Penghargaan IGA 2022 yang berlangsung di Aula Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri, Rabu (21/12/2022).

Dalam arahannya, Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo menyampaikan ada lima kategori dalam penghargaan IGA. Kategori tersebut meliputi provinsi terinovatif, kabupaten terinovatif, kota terinovatif, daerah perbatasan terinovatif, dan daerah tertinggal terinovatif. Setelah melalui proses panjang penilaian IGA, akhirnya diperoleh sejumlah daerah terinovatif yang akan mendapatkan penghargaan dalam puncak IGA 2022.

Baca Juga:  Buka Muprov VI Kadin Banten, Wagub Andika : Kadin Bisa Jaga Iklim Investasi¬†

“Ada 7 provinsi terinovatif, 12 kabupaten terinovatif, 12 kota terinovatif, 5 daerah perbatasan terinovatif, dan 4 daerah tertinggal yang terinovatif,” ungkap Yusharto.

Dia menambahkan, pihaknya akan mengundang perwakilan daerah-daerah yang menerima penghargaan tersebut. “Nanti secara teknis akan dimohon masukan dari Biro Administrasi Pimpinan Kemendagri untuk pelaksanaan kegiatan dan batasan waktu yang tersedia,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut, Yusharto menyampaikan sejumlah masukan kepada tim pelaksana agar memeriksa dan memastikan  kembali persiapan pelaksanaan IGA 2022. Dirinya berharap, gelaran tersebut dapat terlaksana dengan baik.

“Laporan dari tim pelaksana sampai di mana, konfirmasi daerah yang akan hadir siapa saja, baik itu yang hadir secara langsung maupun secara daring perlu dipastikan kembali,” tandasnya.

Baca Juga:  Awal Juni, Kemendagri Catatkan Realisasi Belanja Tahun Anggaran 2021 sebesar 37,51 Persen

Puspen Kemendagri

(Red)

Komentar