Gempa Bumi Magnitudo 5,2 dan 5,0 Mengguncang Bali

infobumi.com, Bali- Gempa berkekuatan 5,0 dan 5,2 mengguncang Bali selatan pada Senin, 10 April 2023, pukul 08:36:20 dan 08:37:29 WITA. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bali mengumumkan bahwa gempa M 5.0 terjadi di koordinat 9.69 S, 115.10 BT, sementara gempa M 5.2 terjadi di koordinat 9.63 S, 115.12 BT.

BMKG Bali menyatakan bahwa pusat gempa M 5.0 berada di perairan 100 kilometer barat daya Kuta, selatan Badung, dan gempa M 5,2 terjadi di laut 93 kilometer barat daya Kuta, Badung. Guncangan gempa juga terasa di kantor detikBali di Jalan Kok Agung Trezna di Renon, Denpasar, di mana getarannya dirasakan dua kali dan terasa kuat selama kurang lebih 5 detik.

BMKG Wilayah III Denpasar dalam keterangan tertulis yang diterima detikBali menyebutkan bahwa gempa terjadi di kedalaman 10 kilometer, namun tidak ada laporan efek kerusakan dari gempa M5.0. BMKG juga memberikan informasi tentang kategori skala magnitudo gempa bumi, di mana gempa dengan magnitudo 5,0-5,4 sering terasa tapi cenderung menyebabkan kerusakan yang minimal pada bangunan dan struktur lainnya.

Baca Juga:  Pemkot Apresiasi Komunitas Anggur di Tangsel

Gempa bumi merupakan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia karena letak geografisnya yang berada pada pertemuan tiga lempeng tektonik yang saling bertabrakan (konvergen). Kategori magnitudo gempa juga menjadi acuan dalam menilai potensi kerusakan yang dapat ditimbulkan. Meskipun gempa bumi ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami, tetap diperlukan kewaspadaan dan pengawasan terhadap aktivitas seismik di wilayah tersebut.

(Red)

Komentar