Gempa Magnitudo 4,1 Guncang Kabupaten Bandung, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Tenang

infobumi.com, Bandung- Gempa tektonik berkekuatan magnitudo (M) 4,1 mengguncang Kabupaten Bandung, Jabar pada hari Selasa, 11 April 2023 pukul 09:42:52 WIB. BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) melaporkan bahwa gempa tersebut merupakan jenis dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas sesar dasar laut lempeng Eurasia. Pusat gempa berada di laut, 86 kilometer barat daya Kabupaten Bandung, Jabar, dengan kedalaman 26 kilometer. Berdasarkan analisa BMKG, gempa ini dirasakan di wilayah Sindangbarang, Jampang, dan Pamengpeuk dengan Skala Intensitas III MMI, serta di Pangalengan dengan Skala Intensitas II MMI.

Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Namun, BMKG mencatat adanya satu kali gempa susulan hingga pukul 10.15 WIB. Kepala BMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto, mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Gempa tektonik ini menjadi perhatian warga Kabupaten Bandung dan sekitarnya, mengingat wilayah tersebut sering kali menjadi pusat aktivitas gempa. Meskipun berkekuatan sedang, BMKG mengingatkan pentingnya kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana gempa bumi. Masyarakat diimbau untuk mengikuti informasi resmi dari BMKG dan pihak berwenang, serta melakukan langkah-langkah mitigasi risiko gempa sesuai panduan yang telah disediakan.

(Red)

Komentar