Menghadapi Pemilu 2024, KemenDagri Adakan Webinar untuk Meningkatkan Literasi Digital dalam Era Kecepatan Informasi dan Data

infobumi.com, Jakarta- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengadakan Webinar Mingguan Serial Dialog Pemilu 2024 dengan tema “Tantangan Era Kecepatan Informasi dan Data dalam Menghadapi Pemilu 2024” pada Senin (17/4/2023). Webinar ini dihadiri oleh berbagai narasumber yang membahas pentingnya literasi digital dalam menjalani pemilu yang akan datang. Direktur Jenderal Polpum Kemendagri, Bahtiar, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa literasi digital sangat penting mengingat pemahaman terkait digital masih kurang. Bahtiar juga menekankan pentingnya kecepatan dalam menghadapi informasi dan data dalam penyelenggaraan pemilu. Selain itu, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Betty Epsilon Idroos juga menjelaskan lima prinsip dalam pengembangan digitalisasi pemilu, antara lain meningkatkan derajat pemilu demokratis, memudahkan para pihak, menjamin keamanan digital, dan membuat data pemilu terbuka.

Webinar ini juga menghadirkan narasumber lainnya, seperti Direktur Perencanaan, Pengendalian Kegiatan dan Operasi Intelijen BIN Irwan Mulyana, serta Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Rahmat Bagja. Rahmat Bagja menjelaskan strategi Bawaslu dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu melalui komunitas digital pengawas partisipatif yang diberi nama “Jarimu Awasi Pemilu”. Dalam webinar ini, para narasumber juga membahas berbagai sistem informasi yang akan diterapkan oleh KPU dalam era digital, seperti Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL), Sistem Informasi Dana Kampanye (SIDAKAM), Sistem Informasi Daerah Pemilihan (SIDAPIL), dan Sistem Informasi Pencalonan (SILON). Diharapkan, literasi digital yang ditingkatkan akan membantu dalam menjalani pemilu 2024 yang dinilai memiliki tantangan tersendiri terkait kecepatan informasi dan data.

(Red)

Komentar