Kabut Asap Karhutla Selimuti Kota Dumai saat Idul Fitri Pertama

infobumi.com, Kota Dumai- Kota Dumai diselimuti kabut asap tebal akibat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di daerah Pelintung dan Selingsing yang berbatasan dengan Bengkalis. Pada hari pertama Idul Fitri, Sabtu (22/4/2023) sekitar pukul 12.45 WIB, jarak pandang di Jalan Lintas Dumai-Sei Paking hanya sekitar 300 meter.

Tidak hanya mengganggu jarak pandang, kabut asap ini juga mengeluarkan aroma yang menyengat dan partikel akibat kebakaran lahan yang berterbangan. Warga yang melintas di jalan dan mengendarai sepeda motor merasakan matanya perih.

Meskipun sudah ada upaya pemadaman yang dilakukan oleh petugas, kebakaran lahan tersebut sepertinya belum sepenuhnya padam. Warga di beberapa wilayah seperti Pelintung, Kelurahan Jaya Mukti, Tanjung Palas, dan Bukit Batrem merasakan kabut asap yang sama, bahkan debu bekas pembakaran menempel di rumah-rumah mereka.

Baca Juga:  Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Drive Thru di Bali

Berdasarkan data dari Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru pada hari itu, Sabtu (22/4/2023), terdapat 61 titik panas di Provinsi Riau, dengan Kota Dumai memiliki jumlah titik panas terbanyak yaitu 55, diikuti oleh Kabupaten Rokan Hilir (5) dan Kabupaten Bengkalis (1).

Diharapkan pihak terkait dapat segera mengambil tindakan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan ini agar tidak berdampak lebih besar bagi warga dan lingkungan sekitar.

(Red)

Komentar