Kapal Ferry MV Queen Star 2 Terbakar di Laut Singapura, Penumpang Dievakuasi

infobumi.com, Singapura- Kapal Ferry MV Queen Star 2 yang berangkat dari Singapura menuju Batam, Indonesia, dilaporkan terbakar di tengah laut pada Jumat siang (5/5/2023). Kapal tersebut membawa 62 penumpang dari Singapura, Malaysia, dan Indonesia serta 6 awak kapal. Kejadian terjadi ketika kapal melintasi Pulau Kusu, Singapura.

Meskipun api di atas kapal berhasil dipadamkan oleh enam awak kapal, petugas pemadam kebakaran SCDF juga turut berada di atas feri untuk memastikan bahwa api telah benar-benar padam. Beruntung, semua penumpang telah berhasil dievakuasi dengan aman ke kapal lain, yaitu Merbau Era, dan telah tiba dengan selamat di Batam bersama-sama dengan 62 penumpang lainnya.

Kapolsek Khusus Kawasan Pelabuhan (KKP) Polresta Barelang, Iptu Putra Jaya Tarigan, mengatakan bahwa insiden kebakaran tersebut terjadi akibat mesin kapal yang mengalami gangguan. Namun, pihak berwenang Singapura langsung menangani kejadian tersebut dan tidak ada korban jiwa dari insiden ini.

Baca Juga:  Firdaus:SMSI Apresiasi Keputusan Presiden Soal Penundaan Pembahasan RUU Klaster Ketenagakerjaan

Hingga kini, arus kapal dari Singapura ke Batam atau sebaliknya tidak mengalami kendala atau gangguan akibat insiden ini. Petugas Piket Contact Center Bakamla RI, Az, mengatakan bahwa kapal Merbau Era sempat berlabuh ke Singapura terlebih dahulu usai melakukan evakuasi. Setelah itu, kapal berangkat ke Batam untuk mengantar para penumpang asal Warga Negara Indonesia (WNI) dan kembali ke Tanjung Balai Karimun.

MPA juga telah mengerahkan petugas di lokasi di Terminal Feri Harbourfront jika ada penumpang yang membutuhkan bantuan. Meskipun demikian, semua penumpang telah dievakuasi dengan aman dan tidak ada korban jiwa dari insiden ini. Kejadian ini menjadi pengingat bagi semua pihak akan pentingnya menjaga keselamatan dalam perjalanan laut.

(Red)

Komentar