Jenderal TNI Dudung Abdurachman mempersiapkan prajurit TNI menuju Papua

infobumi.com, Jakarta- Jenderal TNI Dudong Abdrachman, Kepala Staf Angkatan Darat (KSD), telah menambahkan sederet perlengkapan bagi prajurit TNI yang akan berangkat ke Papua untuk mendukung perannya dalam operasi regional. Sebagian pasukan berangkat ke Papua untuk menggantikan prajurit yang telah bertugas sembilan bulan atau lebih di negeri Cendrawasih. Misi tersebut mengikuti perintah Panglima TNI Laksamana Yudumaguno untuk merotasi pasukan ke Papua.

Menurut Direktur Intelijen Angkatan Darat (Kadispinad) Brigjen Hamim Tohari, dukungan perlengkapan tambahan dari Jenderal Dudong itu bertujuan untuk lebih mempersiapkan prajurit dalam misi di Papua. Beberapa peralatan tersebut antara lain sepatu bot PDL yang dirancang untuk daerah pegunungan Papua yang berbatu dan sering hujan. Selain itu, nantinya juga akan didukung ransel serbu untuk menunjang operasional prajurit di sana.

Meski kebutuhan operasi para prajurit telah disediakan oleh Mabes TNI sebagai pengendali tugas operasi, namun ada beberapa perlengkapan yang perlu disesuaikan dengan kondisi daerahnya. Menurut Hamim, dukungan dari Jenderal Dudung ini bukan berarti tidak terpenuhinya kebutuhan oleh Mabes TNI, namun untuk memastikan bahwa prajurit lebih nyaman dan siap bergerak di sana.

Baca Juga:  Buka Muprov VI Kadin Banten, Wagub Andika : Kadin Bisa Jaga Iklim Investasi¬†

Sejak April lalu, Jenderal Dudung bersama jajarannya telah berkeliling ke sejumlah markas satuan untuk memeriksa kesiapan prajurit yang akan diberangkatkan ke Papua. Beberapa satuan yang ditemui langsung oleh pejabat TNI AD itu di antaranya Batalyon Infanteri Raider 300/Brajawijaya di Cianjur, Jawa Barat; Batalyon Infanteri Para Raider 433/Julu Siri di Maros, Sulawesi Selatan; Batalyon Infanteri 726/Tamalatea di Bone, Sulawesi Selatan; Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Darma di Cicalengka, Bandung, Jawa Barat; serta Batalyon Infanteri Raider 310/Kidang Kencana.

Diharapkan dengan dukungan perlengkapan tambahan Jenderal Dudung, prajurit TNI yang bertugas di Papua dapat lebih siap dan menjalankan tugasnya dengan lebih baik. Selain itu, langkah Jenderal Du Dong yang langsung mengecek persiapan para prajurit sebelum berangkat juga menunjukkan kepedulian besar TNI terhadap para prajurit.

(Red)

Komentar