Penjual Mie Viral ‘Green Onion Bae’ Dipenjara oleh Pengadilan Vietnam

infobumi.com, Vietnam- Pada Kamis (25/05), pengadilan di Da Nang, Vietnam memutuskan untuk memenjarakan seorang penjual mie yang terkenal di media sosial karena menyamar sebagai Salt Bae. Pembuat pasta Peter Lamboy, lebih dikenal sebagai “Scallion Pie”, telah dipenjara selama lima setengah tahun karena menyebarkan propaganda anti-pemerintah.

Insiden itu dimulai pada tahun 2021, ketika Lam memposting video satir yang mengejek gerakan khas koki selebritas Turki, Salt Bae. Dalam video tersebut, Lam menaburkan bumbu seperti garam di atas sup mie dan menyebutnya “potongan daun bawang”. Video tersebut menjadi viral setelah beredarnya video seorang pejabat senior Vietnam yang sedang makan steak di restoran Gokce’s Knightsbridge di London.

Namun, video parodi Lam memicu kontroversi dan mengalami masalah dalam beberapa hari setelah diunggah. Polisi datang ke rumahnya di pusat Da Nang untuk menyelidiki. Pada akhirnya, Lin dituduh menyebarkan propaganda anti-pemerintah.

Baca Juga:  Sensasi Gurihnya "Bakso Solo Mas Edi"

Menurut pengacaranya, Le Dinh Viet, Lam dihukum berdasarkan postingan dan videonya di platform media sosial, meskipun tidak terkait dengan klip viral Salt Bay. Lynn sendiri membantah tuduhan tersebut, dengan mengatakan bahwa dia hanya mengungkapkan pandangannya dan menggunakan haknya untuk kebebasan berbicara. Putusan MK tersebut mendapat reaksi beragam dari masyarakat. Beberapa mengkritik hukuman karena terlalu berat, sementara yang lain melihatnya sebagai tindakan yang diperlukan untuk menjaga stabilitas nasional.

Insiden transformasi Peter Lamboy menjadi penjual mie viral berjuluk “Scallion King” menjadi sorotan pertama. Putusan pengadilan menantang pembatasan kebebasan berekspresi di Vietnam dan menunjukkan bagaimana dampak media sosial dapat berdampak besar pada kehidupan seseorang.

(Red)

Komentar