Sosialisasi Germas di Pamulang, Muhammad Rizal DPR RI Paparkan Pentingnya Kesehatan

infobumi.com, TANGSEL- Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama Direktorat Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan RI menggelar kegiatan sosialisasi tentang kesehatan di Kota Tangerang Selatan.

Kegiatan sosialisasi tentang hidup sehat germas tersebut bertemakan ‘sosialisasi dan advokasi pelayanan kesehatan rujukan’. Kegiatannya di gelar di Pondok Cabe Ilir, Kecamatan Pamulang, Tangsel.

Kegiatan sosialisasi tersebut di hadiri narasumber Admin kesehatan Kemenkes RI, Dr kenedi Sembiring MKM, dari Dinkes Tangsel Seksi Pelayanan Kesehatan Yankes Rujukan ibu Dr Nadia Ulfa Faddila SpFM, Dan Kasi kesehatan jiwa Keswa dan Tata kelola masyarakat Takelmas Dinas kesehatan Provinsi Banten, ibu Ari Sulandari SH MKN.

Dewan Muhammad Rizal mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan tentang program kesehatan.

“Kegiatan sosialisasi ini untuk mengedukasi masyarakat tentang pencegahan stunting, asupan Gizi, kebersihan, dan mengetahui pola hidup yang sehat dan benar agar terhindar dari berbagai penyakit. Supaya masyarakat kita tahu bahwa kesehatan itu penting sekali,” Jelas dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya.

Baca Juga:  Percepat Layanan PBG di Daerah, Kemendagri Dampingi DKI Jakarta Gunakan SIMBG

Dewan Muhammad Rizal mengatakan masyarakat bila ingin terjaga kesehatannya harus menerapkan perilaku CERDIK.

“CERDIK itu merupakan singkatan dari Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet yang sehat dan seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola stres. Masyarakat harus mengingat Cerdik agar sehat,” tukasnya

“Semoga kegiatan sosialisasi kesehatan ini dapat bermanfaat dan di pahami oleh masyarakat, semoga masyarakat kita semua selalu sehat dan sejahtera, sehingga kita bisa terus bersilaturahmi,” harap dewan Muhammad Rizal.

Selain itu Dewan Muhammad Rizal menyampaikan kedepannya setiap rumah sakit harus melayani pasien dengan senyum, ramah dan baik.

“Kedepannya rumah sakit pelayanan UGD dan IGD harus di tingkatkan lagi, tidak boleh menolak pasien, atau lama dalam menangani pasien,” jelas Dewan Muhammad Rizal yang menjadi Panitia Khusus (Panja) Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Kesehatan.

Baca Juga:  Kemendagri Mentargetkan 18 September 2020 Semua Daerah Selesaikan Perkada terkait Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19

Sementara itu Dr Kenedi Sembiring dari Kemenkes RI mengungkapkan dalam pemaparannya bahwa Kementerian Kesehatan telah mempunyai Sistem Penanggulangan Gawat Darurat Terpadu (SPGDT) melalui pembukaan kode akses panggilan darurat public safety center PSC 119.

“Masyarakat saat mengalami kedaruratan kesehatan bisa menghubungi 119, kami mohon juga masyarakat menggunakan layanan tersebut secara bijak, jadilah agen untuk menyebarkan informasi ini di masyarakat dan keluarga dengan baik,” tuturnya

Sekitar 600 peserta dari berbagai elemen masyarakat antusias menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

(Red)

Komentar