Bahas Optimalisasi Dana Desa, Mendagri Terima Audiensi Mendes PDTT

infobumi.com,Jakarta – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerima audiensi Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Trasmigrasi Abdul Halim Iskandar di ruang kerjanya, Gedung A Kemendagri, Jakarta, Jum’at (15/11/2019).

“Dana Desa memiliki peran besar dalam Program Prioritas Nasional Presiden Jokowi. Nah, pertemuan tadi dalam rangka membahas optimalisasi pemanfaatan dana desa. Kita tahu, masih banyak permasalahan dana desa yang memerlukan sinergi antara kementerian maupun lembaga, dan ini adalah salah satu bentuk kerjasama antar Kemendagri dan Kemendes PDTT untuk optimalisasi dana desa,” kata Mendagri.

Pembinaan dan pendampingan dana desa juga menjadi salah satu poin dalam pembahasan tersebut. Peningkatan pengelolaan dana desa berbasis IT, menjadi salah satu opsi dalam mengawal optimalisasi dana desa.

“Kami menyimpulkan perlu dilakukan pembinaan dan pendamping dana desa terutama peningkatan pengelolaan dana desa berbasis IT. Nantinya bagi desa yang serapannya rendah maka Kemendes akan melapor ke Kemendagri, agar dilakukan pembinaan,” jelasnya.

Baca Juga:  Mendagri: Kesehatan merupakan Ukuran Keberhasilan Pembangunan

Dalam pertemuan tersebut Mendagri didampingi Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Nata Irawan. Sementara Mendes PDTT hadir beserta Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, PDTT Anwar Sanusi, P.hd, Direktur Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Taufik Madjid S.Sos, M.Si dan Ir. Harlina Sulistyorini, Msi selaku Direktur Jenderal Pengembangan Kawasan Perdesaan.

Puspen Kemendagri

Komentar