oleh

Meriahkan HUT Korpri, ASN Kemendagri dan BNPP Laksanakan Jalan Sehat

infobumi.com,Jakarta – Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-48, Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kemendagri dan BNPP melaksanakan jalan sehat. Pelaksanaan diawali dari Monas dan berakhir di garis Finish di Kantor Kemendagri pada Jumat (22/11/2019).

Dalam sambutannya Menteri Dalam Negeri Prof. H.M.Tito Karnavian,Ph.D berharap kegiatan tak hanya seremonial belaka, namun perlu dimaknai lebih dalam.

“Kita perlu mendalami makna dari kegiatan ini, jadi tidak hanya sekedar dirasakan sebagai seremonial saja, yang penting maknanya itu. Kita memperingati HUT Korps Pegawai Republik Indonesia yang ke-48, korps artinya sebuah kesatuan, korps yang memiliki jiwa korps, ini adalah profesi, bekerja sebagai ASN adalah profesi, ini berbeda dengan skill keterampilan, profesi itu hanya bisa diperoleh melalui jenjang pendidikan yang lama, kemudian memiliki jiwa pengabdian, dan memiliki kode etik yang mengikat dalam lingkup kesatuan Korps itu,” kata Mendagri.

Menurutnya, pegawai negeri atau ASN merupakan profesi yang memiliki aspek pengabdian terhadap masyarakat yang diikat dengan kode etik.

“Kita memiliki jiwa pengabdian kepada masyarakat karena memang pegawai RI, pegawai negeri itu memang sehari-hari tugasnya mengabdi, memberikan layanan publik yang juga diikat dengan kode etik, kalau dilanggar maka akan mendapatkan sanksi administrasi maupun hukum,” ujarnya.

Mendagri berharap, sebagai sebuah kesatuan, Korpri mampu memberikan pengaruh positif terhadap satu sama lainnya karena sifatnya yang saling memengaruhi.

“Korps yang solid itu merupakan satu kesatuan yang saling memengaruhi. Kalau sudah kesatuan, ada yang membanggakan itu akan memberikan kebanggaan kepada yang lain, satunya sakit maka yang lain akan sakit, itu namanya Korps,” imbuhnya.

Oleh karenanya, rangkaian acara HUT Korpri di lingkungan Kemendagri dan BNPP diharapkan juga mampu membina hubungan di antara para ASN sebagai satu kesatuan.

“Yang paling utama tentunya kita membina hubungan kekeluargaan, kebersamaan, sebagai satu keluarga besar Korps Pegawai Republik Indonesia khususnya di Kemendagri dan BNPP,” pungkasnya.

Sementara itu, Staf Ahli Menteri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa Didik Suprayitno dalam laporannya menyampaikan kegiatan jalan sehat merupakan salah satu dari rangkaian acara dalam rangka memeriahkan HUT Korpri.

“Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian peringatan HUT ke-48 Korpri di Kemendagri dan BNPP. Acara lain selain jalan sehat ada lomba pengucapan pembukaan UUD 1945 dan pengucapan Panca Prasetya Korpri, kemudian lomba paduan suara yang akan dilaksanakan pada 25 November nanti, bakti sosial, donor darah, khitanan masal, kegiatan beauty class, dan keikutsertaan dalam tabur bunga di Taman Makam Pahlawan,” kata Didik. (M.S)

 

Komentar

Berita Terkait