PM Singapura Lee Hsien Loong ke Mendagri: “We Will Do Our Best”

infobumi.com,Singapura – PM Singapura mengungkapkan ekspresi kesenangannya atas keputusan Pemerintah RI menunjuk Changi Airport International memimpin konsorsium di dalam pembangunan Pelabuhan Komodo di Labuan Bajo. Ekspresi Itu diungkapkan oleh PM Lee Hsien Loong kepada Mendagri Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D., saat kedua tokoh ini bertemu secara bilateral di Istana Negara Singapura di kawasan Orchad.

“We are glad to contribute in tourism in Indonesia. We will do our best (in developing Labuan Bajo Airport)”, kata PM Lee kepada Mendagri Tito Karnavian saat menerangkan program destinasi non Bali termasuk Labuan Bajo. Seperti diketahui, akhir bulan Desember 2019, Pemerintah Indonesia menyetujui konsesi konsorsium yang dipimpin oleh Changi Airport Internasional untuk mengembangkan pelabuhan udara Komodo di Labuan Bajo.

PM Lee juga secara khusus meminta dukungan dan peranan terus menerus dari Mendagri dalam memperkuat kerjasama kedua negara.

Baca Juga:  PPKM Darurat, Tim Warung Jumat Polda Banten Beri Paket Sembako ke Warga yang Membutuhkan

“Kami sangat yakin bahwa Anda akan dapat tetap memperkuat hubungan kerjasama antara Indonesia dan Singapura, seperti Anda lakukan dengan sangat baik saat Anda menjabat Kapolri dengan Kepolisian Singapura,” ujar PM Lee kepada Mendagri.

Merespon hal tersebut, Mendagri berjanji menyanggupi permintaan PM Lee tersebut dan mengharap Pemerintah Singapura terus meningkatkan investasinya di Indonesia termasuk di dalam rencana program IKN (perpindahan Ibu Kota Negara) dari Jakarta ke Kalimantan Timur.

PM Lee mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki potensi besar di dalam investasi manufaktur. Namun tokoh karismatik Singapura ini mengharapkan agar iklim investasi di Indonesia diperbaiki terus menerus utamanya di bidang sistem perpajakan dan masalah perijinan tenaga kerja (labour registration).

Pertemuan yang berlangsung sekitar 1,5 jam tersebut dilakukan sesaat sebelum Mendagri menerima penghargaan tertinggi dari Pemerintah Singapura The Distinguished Service Order bidang Kepolisian yang disematkan langsung dalam acara kenegaraan oleh Presiden Singapura YM Halimah Yakob di Istana Negara Presiden Singapura.

Baca Juga:  Bidpropam Polda Banten Laksanakan Kegiatan Operasi Penertiban Strobo di Polda Banten

Turut mendampingi Perdana Menteri Lee Hshien Loong antara lain pejabat teras Menteri Dalam Negeri Singapura, Kepala Polisi Singapura (SPF), Jend Hoong Wee Teck serta seluruh jajaran pejabat teras SPF. Dalam pertemuan dengan PM Lee Hsien Loong tersebut, Mendagri Tito Karnavian didampingi oleh Dubes RI untuk Singapura, I Gede Ngurah Swajaya, Plt. Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri Bahtiar dan Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga, Apep Fajar Kurniawan dan Jonatan Tahir. (Sukron)

Puspen Kemendagri

Komentar