Sekjen Kemendagri: Pancasila Menjadi Perekat Kesatuan Bangsa

infobumi.com,Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Hadi Prabowo mengatakan bahwa Pancasila merupakan modal sosial sebagai perekat kesatuan bangsa. Hal itu dikatakannya saat membuka kegiatan Talkshow Nasional Is Me, Kemendagri Goes to Campus di Kampus II Universitas Krida Wacana, Jakarta Barat, Senin (10/02/2020).

“Pancasila mempunyai kekuatan integratif sebagai modal sosial, di mana Pancasila ini hendaknya dapat menjadi perekat kesatuan bangsa. Demikian pula keanekaragaman budaya dan suku yang ada adalah rahmat bagi bangsa Indonesia untuk selalu mengedepankan toleransi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Hadi.

Selain sebagai dasar negara, Pancasila juga memberikan ruang dan menampung keberagaman pada Bangsa Indonesia yang dipertemukan atas kehendak mewujudkan cita-cita bersama.

“Bahwa Pancasila tentunya perlu diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena Pancasila sebagai dasar negara dan alat pemersatu dan perjuangan bangsa untuk memerdekakan diri dan memperjuangkan cita-cita bangsa,” ujarnya.

Baca Juga:  Mendagri Beri Penghargaan kepada Pemda yang Berhasil Mengintegrasikan SIPD

Pancasila sebagai ideologi bangsa juga dimaknai sebagai kepribadian bangsa yang tercermin dari setiap sila maupun butir-butir yang terkandung di dalamnya.

“Sebagai pandangan hidup bangsa, Pancasila adalah kepribadian bangsa Indonesia yang tercermin dari kepribadian, aspek ekonomi maupun watak bangsa. Pancasila juga sebagai sumber dari segala hukum dan sebagai landasan dalam perumusan kebijakan maupun hukum di Indonesia,” jelasnya.

Di samping itu, dengan adanya upaya untuk membumikan Pancasila dalam Talkshow Nasional Is Me bagi generasi muda, diharapkan anak muda dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dengan adanya kegiatan yang berupaya membumikan Pancasila ini adalah merupakan potensi bagi bangsa Indonesia karena didasarkan atas semangat generasi muda untuk pemahaman dan juga implementasi terhadap kecintaan pada tanah air, bela negara, dan wawasan kebangsaan,” kata Hadi.

Hadi juga berharap acara ini dapat memberikan motivasi dan bekal bagi kaum milenial untuk menghadapi era globalisasi dan tantangan global yang semakin dinamis.

Baca Juga:  Kemendagri Rilis Surat Edaran Pembentukan Satgas COVID-19 Daerah

“Kaum muda adalah pemimpin masa depan dan akan melestarikan keberlangsungan NKRI sehingga mampu menghadapi tantangan globalisasi dan ideologi di luar Pancasila,” pungkasnya.

Acara Kemendagri Goes To Campus ‘Nasional Is Me’ diawali dengan Talkshow di Kampus UKRIDA. Acara ini akan berlangsung di berbagai kampus di Jabodetabek hingga akhir Tahun 2020 untuk membumikan Pancasila pada kaum milenial. Tak hanya itu, acara live Talkshow juga disiarkan secara serentak di 19 stasiun radio di Indonesia. (Sukron)

Puspen Kemendagri

Komentar