Mendagri: Pilkada Serentak Tahun 2020 Terbanyak dengan 270 Daerah

infobumi.com,Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D., menyebut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 merupakan Pilkada yang terbesar dan terbanyak diikuti dengan peserta 270 daerah. Hal itu disampaikannya dalam Talkshow bertajuk “Urgensi Mewujudkan Pilkada Demokratis dan Berkualitas: Tantangan dan Harapan” di Hotel Dharmawangsa, Jakarta, Senin (09/03/2020).

“Memang relatif terbanyak semenjak tahun 2015 yaitu 269 daerah, sekarang jadi 270, nambah satu daerah tapi tetap terbanyak,” kata Mendagri.

Ada 9 provinsi yang akan menggelar Pilkada pada Tahun 2020. Pilkada untuk 9 Provinsi itu akan dilakukan serentak dengan Pilkada tingkat kabupaten dan kota, yakni 224 wilayah kabupaten, dan untuk tingkat kota akan berlangsung di 37 kota pada 32 provinsi.

“Election itu bukan pekerjaan satu unsur, namun kerja orkestra. Yang pertama penyelenggara Pemilu, faktor kontestan, unsur pemerintah pusat dan daerah, aparat keamanan, media dan partisipasi masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga:  Beri Pengarahan di Maluku, Mendagri Minta Kepala Daerah Segera Cairkan NPHD

Dengan kerja bersama, Mendagri optimistis perhelatan pesta demokrasi akan berlangsung sukses dan lancar. Terlebih, proses demokrasi di Indonesia telah teruji dengan pelaksanaan Pemilu Serentak terbesar pada Tahun 2019.

“Satu hal yang membuat kita cukup confident, kita sudah pengalaman beberapa kali menjalani Pemilu bahkan Pemilu Nasional termasuk Tahun 2019, ya Alhamdulillah kita bisa lalui, maka saya confident bahwa Pilkada di 270 daerah Insya Allah berlangsung aman,” tukasnya. (Sukron)

Puspen Kemendagri

Komentar