oleh

Kemendagri Berpartisipasi dalam Pemulangan ABK World Dream dan Diamond Princess

INFOBUMI.com,Jakarta – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Dr. Safrizal ZA. M.Si, yang dalam hal ini mewakili Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan berpartisipasi dalam proses pemulangan ABK World Dream dan Diamond Princess beserta Tim dari jajaran Direktorat Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran di Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Jakarta Utara .

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, Kementerian Kominfo, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perhubungan, TNI, POLRI, Sekretariat Kabinet, Kantor Staf Kepresidenan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kebakaran, Pemerintah Daerah Provinsi.

“Pemulangan ABK World Dream dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2020 sedangkan ABK Diamond Princess pada tanggal 15 Maret 2020 setelah 14 (empat belas) hari dilakukan observasi di Kepulauan Sebaru,” kata Safrizal.

Teknis pemulangan tersebut dimulai saat KRI Semarang bersandar di Pelabuhan Tanjung Priuk Kolinlamil Jakarta Utara, penyerahan peserta observasi oleh Danlamil kepada Kemenko PMK, kemudian oleh Kemenko PMK diserahkan kepada Kemenkes untuk diberikan sertifikat kesehatan dan selanjutnya diserahkan ke Kemendagri.

“Kemendagri akan menyerahkan peserta observasi tersebut ke Agency dan Badan Penghubung/Kantor Perwakilan Pemerintah Provinsi yang bersangkutan untuk diarahkan ke Bus dan dipulangkan ke daerah masing-masing,” jelasnya.

Transportasi pemulangan peserta tersebut dibiayai oleh Agency masing-masing yang menaungi.

Jumlah peserta observasi ABK World Dream sebanyak 188 orang dengan tujuan pemulangan daerah NTB, Jateng, Sumbar, Lampung, Sumsel, Jatim, Sumut, Bali, Yogyakarta, Sulsel, Jakarta dan sekitarnya. Sedangkan ABK Diamond Princess sebanyak 68 orang dengan tujuan pemulangan daerah Jateng, Bali, Jatim, Sumut, Sulsel, NTB, Aceh, Kepri, Jakarta dan sekitarnya. (Sukron)

Puspen Kemendagri

Komentar

Berita Terkait