oleh

Keindahan Alam Lava Bantal, Yogyakarta

infobumi.com– Pingin merasakan hidup di kampung dan merasakan udara yang sejuk. Lava Bantal tempatnya. Tempat ini berada di Yogyakarta. Dekat dengan Bandara Adisutjipto Yogyakarta.

Tempat ini diresmikan sebagai tempat wisata oleh Sultan Hamengku Buwono X. Konon katanya tempat ini adalah bukti sejarah terbentuknya pulau Jawa. Keren banget ya !!

Tempat ini disebut lava bantal karena lahar yang keluar dari gunung api di bawah laut. Hal ini menyebabkan mineral pada lahar tersebut menjadi tumpukan lava yang mirip bantal. Namun lava tersebut berubah menjadi batuan yang tidak beraturan disebabkan oleh tekanan hidtostatis. Jadi jangan takut kalo keinjek lavanya ya !!

Di tempat ini terdapat sungai yang bernama sungai opak. Di sungai opak anda bisa mandi dan bermain air. Tempat ini juga masih jarang dikunjungi oleh orang sehingga keindahan alami dan udara yang sejuk masih terasa disini.

Tempat ini juga sempat menjadi tempat penelitian. Penelitian ini dilakukan oleh beberapa universitas yang berada di Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan karena warna pada lahar yang unik.

Tempat ini dulunya adalah persawahan. Namun sekarang tempat ini telah berubah menjadi tempat wisata yang unik. Sekarang tempat ini memiliki banyak fasilotas seperti pendopo yang biasanya digunakan untuk komunitas. Sebagai tempat beristirahat, berbincang-bincang dll.

Tempat ini buka dari pukul 06.00 sampai 18.00 WIB. Jangan sampai lupa pulang, karena sangking asyiknya bermain air ditempat ini ya!!

Oh iya, bagi yang suka bersepeda jangan .

 

segan-segan ya bersepeda di jembatan di atas sungai opak ini dan jangan sampai kesasar ya!!

Komentar

Berita Terkait