Program ‘Kemendagri Peduli” Cegah Covid-19 Lewat Penyemprotan Disinfektan Di Wilayah Jakarta Selatan

INFOBUMI.com,Jakarta – Dari peta penyebaran Covid 19 di DKI, wilayah administrasi Jakarta Selatan, khususnya area Kalibata, adalah salah satu kawasan dengan ‘status merah’ epicentrum penyebaran Covid-19. Daerah ini padat dengan pemukiman dan perkantoran.

Sejak awal Maret 2020, Kemendagri yang dipimpin oleh Prof. H. M. Tito Karnavian, Ph.D., telah mencanangkan program Kemendagri Peduli Cegah Covid 19. Program ini bertujuan melakukan berbagai aneka kegiatan untuk mencegah penyebaran covid 19 baik di lingkungan kantor Kemendagri maupun di area sekitarnya. Juga lewat program yang digagas oleh BPSDM (Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia), Kemendagri mengalih-fungsikan seluruh diklatnya di seluruh propinsi di Indonesia untuk bermanfaat sebagai gedung isolasi atau Karantina.

Gedung Diklat Kemendagri di Bali, misalnya, sejak 22 Maret 2020 telah digunakan untuk menampung isolasi ABK (anak buah kapal) asal Bali berjumlah 205 orang. Secara keseluruhan di Indonesia gedung Diklat Kemendagri memiliki kapasitas 5036 kamar apabila dibutuhkan, siap setiap saat menampung pasien Covid 19 baik untuk karantina maupun rawat inap. Kemendagri bekerjasama dengan Pemda, Kemenkes di dalam penyediaan alat kesehatan agar gedung Diklat tersebut memenuhi standard sebagai ruang perawatan.

Baca Juga:  Polresta Tangerang Berikan Sanksi kepada Pelanggar Prokes di Mauk

Kecuali penyediaan sarana perawatan, program ‘Kemendagri Peduli’ juga secara rutin di wilayah Jakarta dan dan daerah-daerah lain melakukan penyemprotan melakukan penyemprotan disinfektan ke berbagai perkantoran dan pemukiman warga.

“Minggu lalu, Mendagri Tito telah memerintahkan saya untuk menarik 3 unit mobil Damkar dari basecamp di Rohil, Riau ke Jakarta dan melakukan penyemprotan disinfektan untuk kantor-kantor Kemendari di wilayah Jakarta”, tandas Teguh Setyabudi, Kepala BPSDM Kemendagri.

“Hari ini yang kita sisir semua perkantoran zona merah covid 19 di sekitar perkantoran Kemendagri dan lainnya di Jakarta Selatan dan kita telah berhasil menyemprot disinfektan di Kantor Kemendes dan PDT, Universitas TRILOGI, pemukiman Duren Tiga, kantor BPSDM, sepanjang jalan Pahlawan Kalibata, Kantor Ditjen Dukcapil dan Ditjen Bina Pemdes di Pasar Minggu” ungkap Teguh.

Kegiatan penyemprotan akan terus dilakukan. Namun, Teguh menginformasikan bahwa prioritas lokasi penyemprotan adalah perumahan umum dimana ASN Kemendagri bermukim.

Baca Juga:  Tinjau Pelaksanaan PPKM Darurat, Kakor Sabhara Baharkam Polri Kunjungi Provinsi Banten

Bagi ASN Kemendagri/BNPP (Badan Nasional Pengelola Perbatasan) yang menginginkan pemukimannya disemprot dipersilahkan menghubungi Bagian Umum BPSDM Kemendagri.

Tentu harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan RT/RW/Kelurahan masing-masing untuk perijinan dan penggunaan akses jalan bagi mobil Damkar. (Sukron)

Puspen Kemendagri

Komentar