Mendagri Serahkan Bantuan dari Humanity Matters Singapura untuk NU, RSCM dan RS Hasanah Graha Afiah

INFOBUMI.com,Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyerahkan bantuan dari Humanity Matters Singapura untuk beberapa pihak antara lain Nahdlatul Ulama (NU) Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah. Bantuan yang diserahkan berupa peralatan medis seperti surgical masks, sterile surgical gloves, surgical gowns, non contact infrared thermometers dan vitamin C.

Dalam kata sambutannya, Mendagri Tito, mengungkapkan bahwa bantuan yang diserahkan berasal dari lembaga kemanusiaan dan NGO di Singapura, yakni Humanity Matters Singapore dan International Multi Cultural Organisation Singapore yang didukung oleh pemerintah Singapura. Jumlah bantuan yang diserahkan ada 107 kardus dengan total sumbangan senilai 91,950 dolar Singapura.

” Jadi kalau dirupiahkan lebih kurang 1 miliar lebih. Isi bantuannya ada yang dalam bentuk surgical mask, masker untuk bedah, kemudian ada yang sarung tangan yang steril untuk bedah, Surgical gown ini Alat Pelindung Diri (APD),” kata Mendagri di Jakarta, Kamis (16/4/2020).

Baca Juga:  Percepat Verifikasi Pulau dan Batas Wilayah, Ditjen Bina Adwil Kemendagri Gelar Rakornas

Tito pun lantas merinci bantuan yang diterima dari Singapura. Bantuan berupa surgical masks sebanyak 90 ribu pcs. Sterile surgical gloves, sebanyak 7.900 pcs. Surgical gowns, 3000 pcs. Vitamin C, 130.000 pcs dan non contact infrared thermometers sebanyak 140 pcs. Semua bantuan ini diberikan untuk tiga pihak, yakni: NU, RSCM dan RS Hasanah Graha Afiah.

” Ini adalah gelombang batuan yang kedua yang kita terima dari Humanity Matters Singapura, sebelumnya waktu banjir juga kita dibantu juga. Termasuk alat untuk penjernih dan pemurnian air, dari air kotor menjadi air bersih. Kemudian lembaga-lembaga ini juga yang di Singapura menyampaikan akan ada bantuan berikutnya. Gelombang berikutnya, yang nanti tentunya peruntukannya akan kita bicarakan dengan lembaga yang membantu termasuk pemerintahan Singapura,” katanya.

Atas bantuan yang diterima, mewakili pemerintah Indonesia, Tito mengucapkan banyak terima kasih. Bantuan yang diterima sangat membantu untuk menanggulangi penyebaran Covid-19. Ia pun berharap kerjasama bisa lebih dieratkan lagi.

Baca Juga:  Presiden Jokowi Dorong Peningkatan Realisasi Investasi untuk Gerakkan Perekonomian

“Atas nama pemerintah Indonesia selaku Mendagri saya mengucapkan terimakasih banyak kepada lembaga-lembaga yang membantu seperti Humanity matters, International Multi Cultural Organisation Singapore, dan tentunya juga pemerintah Singapura. Ini akan meningkatkan kerjasama yang baik, solidaritas antara Singapura dan Indonesia kita harapkan di tengah situasi yang sulit ini akan makin terus kita menjaga hubungan baik dan kesetiakawanan antar bangsa,” kata Tito.

Selesai memberikan kata sambutan Menteri Tito kemudian secara simbolis menyerahkan bantuan kepada Ali Yusuf, Head Disaster Management NU, dr. Ananto PH, MKK, Kepala Bagian Pemasaran RSCM dan Saggaf Salim S. Alatas, Wakil Direktur RS Hasanah Graha Afiah. (Sukron)

Puspen Kemendagri

Komentar