HUT Bhayangkara Ke-74, Mendagri Berharap Polri Semakin Solid

infobumi.com,Jakarta  – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian berharap Organisasi Polri semakin solid. Hal itu disampaikannya usai menghadiri Upacara Hari Bhayangkara ke-74 melalui Video Conference di Gedung Persatuan Purnawirawan Polri, Jakarta, Rabu (01/07/2020).

“Ada 2 tantangan yang penting, yang utama adalah internal, ini organisasi besar, kehidupan piramida, makin mengerucut sampai pada titik puncak, yaitu kepemimpinan tunggal Kapolri. Nah, saya minta kepada teman-teman di Polri untuk tetap solid,” kata Mendagri.

Sebagai orang yang pernah menjadi orang nomor satu di jajaran kepolisian itu, Mendagri Tito Karnavian memahami solidaritas adalah kunci dari kekuatan Kepolisian RI.

“Kesolidan dari institusi semua dari atas sampai bawah itu adalah kekuatan terpenting, bukan senjata atau peralatan lainnya seperti peluru, bukan. Kekuatan Polri adalah SDM-nya, selain harus profesional, modern, seperti yang disampaikan Bapak Presiden tadi, intelektual, tapi paling utama adalah adanya rasa Korps yang kuat,” bebernya.

Baca Juga:  Kepala BPSDM Kemendagri: Digitalisasi Menuntut ASN Menjadi Generasi Pembelajar

Di samping tantangan internal, Mendagri juga meminta Polri mengantisipasi kejahatan lintas batas dan kejahatan lainnya.

“Kemudian yang kedua adalah tantangan kejahatan lintas batas, dunia cyber akan semakin menjadi, perkuat dunia cyber meski Polri sudah sangat kuat sekali. Kemudian kasus-kasus yang merugikan sumber daya alam seperti illegal logging, illegal fishing, corruption, dan kejahatan kontingensi yang berdampak pada kerusuhan,” jelasnya.

Dihadapkan pada situasi pandemi Covid-19, Mendagri juga meminta Polri memberikan atensi terhadap penanganan wabah.

“Yang harus diatensi yaitu masalah membantu penanganan Covid, mendisiplinkan masyarakat, memberi contoh, memberikan bantuan sosial kepada masyarakat,” pungkasnya.

“Saya mengucapkan selamat ulang tahun kepada Polri, untuk rekan-rekan yang sekarang masih bertugas, tetap semangat. Organisasi Polri adalah organisasi yang besar, tersebar hingga ke desa-desa, memberikan kontribusi yang sangat penting apalagi di tengah Covid ini,” tambahnya. (Red)

Komentar