Menko Polhukam Minta Pengelola Perbatasan Negara Perketat Pengawasan Protokol Covid-19

infobumi.com,Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meminta seluruh entitas yang terlibat dalam pengelolaan perbatasan negara untuk
memperketat pelayanan dan pengawasan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

“Seluruh petugas pelayanan yang tercepat beserta pelintas agar mematuhi 3M: memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak, serta berperilaku hidup sehat,” ujar Mahfud MD pada Webinar Nasional Forum Tematik Bakohumas Pengelolaan Perbatasan dengan tema “Mengelola Batas Wilayah Negara dan Kawasan Perbatasan Menuju Indonesia Maju” di Kantor Kemendagri, Jakarta pada Kamis, (17/09/2020).

Mahfud menambahkan, kawasan perbatasan negara yang dimaksud adalah seluruh pintu gerbang perbatasan negara, baik yang telah dinyatakan sebagai pintu resmi, yaitu pos lintas batas negara (PLBN) dan tempat pemeriksaan imigrasi, maupun pintu lain yang belum dinyatakan sebagai pintu resmi.

Baca Juga:  Teroris Jaringan MIT Tersisa 9 Orang, Kapolri Pastikan Satgas Madago Raya Terus Memburu

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud kembali mengingatkan tentang dua hal yang mesti dilakukan dalam menangani Covid-19, yaitu melalui upaya pencegahan dan melalui pengobatan.

Untuk itu, Mahfud terus mengajak masyarakat agar mematuhi protokol 3M, terutama memakai masker. “Karena dengan memakai masker kita itu bisa memperkecil risiko penularan. Kalau tidak memakai masker maka kita bisa menulari orang lain atau bisa ditulari oleh orang lain,” ujar Mahfud melalui saluran virtual.

Di samping itu, Mahfud menegaskan hingga saat ini Pemerintah juga terus melakukan upaya pengobatan dalam penanganan Covid-19. Namun, Mahfud lagi-lagi menekankan, agar upaya pencegahan lebih diutamakan.

Adapun terkait pencegahan, menurut Mahfud, upaya yang paling tepat yaitu dengan vaksinasi. “Tetapi karena sekarang ini proses vaksin secara ilmiah masih terus dikaji pemerintah maka kita harus menggunakan vaksin alami, vaksin alami yang sekarang ada itu adalah memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” imbuh Mahfud.

Baca Juga:  Undang Ketua DPRD se-Indonesia secara Virtual, Mendagri Sosialisasikan UU tentang Cipta Kerja

Webinar Nasional Forum Tematik Bakohumas yang diselenggarakan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-10 BNPP. Acara tersebut dihadiri oleh 4 Menteri, baik secara langsung maupun virtual, yakni Menko Polhukam/Ketua Pengarah BNPP Mahfud MD, Mendagri/Kepala BNPP Muhammad Tito Karnavian, Menteri PU PR Basuki Hadimuljono, dan Menkominfo Johnny G. Plate. (Red)

Puspen Kemendagri

Komentar