Presiden Joko Widodo Kecam Pernyataan Presiden Prancis yang Menghina Islam

Foto;Presiden RI.Joko Widodo.Mengecam Presiden Prancis menghina agama islam (Youtube Seketariat Presiden)

 

infobumi.com,Jakarta– Presiden Joko Widodo mengecam pernyataan Presiden Prancis Emmanuel Macron yang telah menghina agama Islam. Menurutnya, pernyataan tersebut bisa memecah belah persatuan antarumat beragama di dunia.

Hal tersebut dikatakan Jokowi usai menggelar pertemuan dengan pemimpin organisasi keagamaan di Indonesia, antara lain Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Konferensi Waligereja Indonesia, Persekutuan Gereja Indonesia, Parisada Hindu Dharma Indonesia, Persatuan Umat Buddha Indonesia dan Majelis Tinggi Agama Khonghucu Indonesia.

“Dalam Konferensi pers secara virtual dari istana Merdeka Jakarta pada Sabtu (31/10/2020) Presiden Jokowi menyatakan ,Indonesia mengecam keras pernyataan Presiden Prancis yang menghina agama Islam yang telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia yang bisa memecah belah persatuan antarumat beragama di dunia,” ujar Jokowi.

Baca Juga:  FIFGROUP Tanam 4.500 Pohon Endemik di 55 Titik se-Indonesia Raih Rekor MURI

Menurut Jokowi, saat ini dunia memerlukan persatuan untuk menghadapi pandemi Covid-19, Oleh sebab itu kebebasan berekspresi tidak boleh mencederai kehormatan, kesucian, dan kesakralan nilai serta simbol agama. “Sama sekali tidak bisa dibenarkan dan harus dihentikan,” tegasnya.

Jokowi menuturkan, mengaitkan agama dengan tindakan terorisme adalah sebuah kesalahan besar. Menurut dia terorisme adalah terorisme itu sendiri, tidak ada hubungannya dengan agama apapun.

Di sisi lain, Jokowi juga mengecam keras terjadinya kekerasan yang terjadi di Paris dan Nice yang telah memakan korban jiwa. Indonesia mengajak dunia mengedepankan persatuan dan toleransi beragama untuk membangun dunia yang lebih baik. (Red)

Komentar