Desa Nagara Serang Terendam Banjir Capai Tiga Meter

infobumi.com,Serang– jelang pencoblosan Pilkada Kabupaten Serang, Desa Nagara, Kecamatan Kibin malah terendam banjir mencapai atap rumah atau mencapai 3 meter. Banjir mulai merendam permukiman warga sejak Senin (7/12/2020).

Kepala Desa (Kades) Nagara Sarja Kusuma Atmaja mengatakan, banjir setinggi tiga meter setidaknya merendam tiga perkampungan warga yang berada di bantaran Sungai Ciujung.

“Banjir sekitar tiga meter merendam Kampung Pulo, Kampung Karamat Lebak dengan Kampung Sindang Lebak. Yang mengungsi kena banjir itu hampir lima ribuan KK di satu desa,” kata Kusuma di kantornya, Selasa (09/12/2020).

Pemerintah Desa Nagara mengalami banjir setiap tahun. Ini akibat luapan Sungai Ciujung bahkan, 95 persen perkampungan di desa itu berada di bantaran sungai. Banjir kali ini sudah terjadi sejak Senin, 07 Desember 2020.

Dari 28 RT di desanya, Kusuma mengatakan, hanya satu RT yang tidak terendam banjir. Lokasi evakuasi yang disiapkan pemerintah desa ada di dua lokasi, yakni Yayasan Al Manah dan SD Patapan.

Baca Juga:  Terjadi Gempa Magnitudo 5,8 Guncang Bengkulu Hari ini

“Penyebab banjir yang pertama akibat meluapnya Sungai Ciujung. Banjir terbesar tahun 2001 dan 2020. Banjirnya semenjak Senin, karena 95 persen rumahnya itu berdekatan dengan sungai Ciujung,”

Hongga saat ini tim gabungan TNI-Polri ,BPBD terus mengevakuasi warga yang terjebak banjir,pungkasny. (Red)

Komentar