BMKG Imbau Masyarakat Waspada,Prakiraan Cuaca Hujan Deras di Jabodetabek 23 – 24 Februari

infobumi.com,Jakarta – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan deras akan turun di wilayah Jabodetabek pada 23 – 24 Februari 2021.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat agar tetap waspada.

Diprakirakan, hujan dengan intensitas tinggi akan turun di wilayah Jabodetabek secara merata.
Dwikorita mengungkapkan dalam konferensi pers daring BMKG pada Sabtu, 20 Februari 2021, bahwa intensitas hujan pada Minggu dan Senin (21 – 22 Februari 2021) cenderung rendah. Namun, intensitas hujan akan meningkat menjadi sedang hingga tinggi pada 23 – 24 Februari 2021.

Kepala Pusat Meterorologi Publik BMKG, Fachri Radjab juga menjelaskan bahwa hujan dengan intensitas sedang hingga deras akan turun pada 23 Februari 2021.

Di sisi lain,  Fachri menambahkan keterangan bahwa hujan pada tanggal 23 Februari 2021 mendatang tidak selebat hujan yang turun pada Jumat hingga Sabtu lalu (19 – 20 Februari 2021).

Baca Juga:  Festival Budaya Betawi Meriahkan Acara HUT Tangsel yang Ke-14 Tahun, DPC PJI-Demokrasi Support Acara

Tambah Dwikorita ,bahwa meningkatnya intensitas hujan di Jakarta sejak Kamis lalu dipengaruhi oleh beberapa hal:

1. Pada 18 – 19 Februari 2021 terpantau adanya aktivitas seruakan udara yang mengakibatkan peningkatan pembentukan awan hujan di Indonesia bagian barat.

2. Adanya aktivitas gangguan atmosfer di zona ekuator yang menyebabkan perlambatan dan pertemuan angin.

Perlambatan dan pertemuan angin dari utara itu terjadi tepat melewati Jabodetabek.

3. Tingkat udara yang mudah berubah-ubah dan kebasahan udara di sebagian besar wilayah Jakarta Barat.

4. Pusat tekanan rendah di Australia bagian utara yang membentuk pola konvergensi di Jawa bagian Barat.

Pola konvergensi adalah pola aliran udara di suatu daerah pada ketinggian tertentu dengan aliran udara masuk lebih besar daripada aliran udara keluar. Sehingga, terjadi semacam penimbunan udara.

Dwikorita mengimbau masyarakat untuk tetap waspada hingga akhir Februari atau awal Maret karena curah hujan di wilayah Jabodetabek masih akan tinggi dalam sepekan ke depan.

Baca Juga:  Kemendagri Minta Pemda Pastikan Kualitas Pelayanan Informasi Publik Sesuai Kebutuhan Masyarakat

Beliau juga menjelaskan bahwa curah hujan tinggi bersifat naik dan turun, sehingga hujan yang turun tidak selalu bersifat deras, tetapi ada masa jedanya.

Untuk mengetahui potensi hujan deras di wilayah tempat tinggalmu, teman-teman juga bisa memantau prakiraan cuaca di laman resmi media sosial BMKG maupun aplikasi Info BMKG. (Red)

Komentar