Polri Kerahkan Mobil Dapur Umum, Logistik, Kapal hingga Perahu Karet Bantu Korban Banjir Bandang Di NTT

infobumi.com,JAKARTA– Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bergerak cepat membantu penanganan korban banjir bandang di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Berbagai bantuan telah disalukan semenjak kemarin untuk mengurangi beban warga. Salah satunya mobil dapur umum, kapal hingga perahu karet.

“Jajaran Polda NTT telah memberangkatkan enam kapal dan lima perahu karet. Sementara di polres jajaran Polda NTT 10 kapal dan delapan perahu karet,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono dalam keterangan tertulis, Senin (5/4/2021).

Beberapa Satuan Brimob Polda jajaran yaitu Polda Jawa Timur, Jawa tengah, DIY, Bali dan NTB, sudah siap mengirim kendaraan SAR yang terbagi dalam mobil yang dapat dipakai sebagai dapur lapangan.

“Ditpolair Baharkam Mabes menyiagakan satu Kapal Bharata di Labuhan Bajo dan satu unit pesawat Casa standby di Kupang,” jelas Argo.

Baca Juga:  Aplikasi ASAP Polri Akan Dibawa Menteri LHK Menjadi Percontohan di Tingkat Dunia

Menurutnya, bantuan yang lain turut diberikan seperti 100 selimut, 100 sarung, 100 matras alas tidur, 100 handuk, 200 dus susu kotak, 200 dus mie sedap, 30 dus kopi dan beberapa puluh dus perlengkapan mandi sudah siap didistribusikan.

Argo pastikan selain bantuan itu, Polri akan kembali salurkan bantuan yang lain. “Kami sudah koordinasi dengan beberapa Kapolda untuk langsung mengirim bantuan ke NTT,” jelasnya.

Sudah diketahui, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan jumlah korban meninggal dunia karena banjir bandang di NTT capai 68 orang disejumlah kabupaten. Sementara 70 orang lainnya hilang.

Sebanyak 938 kepala keluarga (KK) atau 2.655 jiwa terdampak. Bencana ini dipicu cuaca ekstrem yang mengakibatkan hujan dengan intensif tinggi hingga terjadi banjir bandang pada Minggu (4/4) kemarin,pungkasnya.(Red)

Komentar