Lestarikan Hutan Baduy, Polda Banten Akan Tanam 5.000 Bibit Pohon

infobumi.com,Kota Serang – Kepolisian Daerah (Polda) Banten berencana akan melakukan penanaman ribuan bibit pohon di hutan milik adat Baduy.

Penanaman bibit pohon tersebut bertujuan untuk reboisasi alam yang berada di sekitar hutan Baduy yang telah rusak.

Hal tersebut dikatakan langsung oleh Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho saat menerima kunjungan perwakilan masyarakat Baduy di Rumah Dinasnya. Minggu, (23/05/2021).

“Kami dari Kepolisian Daerah (Polda) Banten berencana akan melakukan kegiatan penghijauan atau reboisasi terhadap hutan-hutan yang sudah gundul di sekitar tanah adat Baduy. Dan nanti Insya Allah kami akan menyiapkan sebanyak 5.000 bibit pohon,” kata Rudy Heriyanto.

Rudy Heriyanto menambahkan dalam reboisasi tersebut, ia akan menggandeng TNI dan masyarakat.

“Dan nantinya saya juga akan mengajak teman-teman dari TNI dan kemudian dengan Lembaga Swadaya Masyarakat yang ada untuk ikut membantu mengembalikan kondisi alam dengan bersama-sama melakukan penanaman bibit pohon tersebut,” tambah Rudy Heriyanto.

Baca Juga:  Polda Banten Berikan Penghargaan Pemenang Lomba PPKM Mikro, Ini Desa & Kelurahan Yang Jadi Juara

Lebih lanjut, Rudy Heriyanto akan mendiskusikan kepada masyarakat Baduy terkait bibit pohon apa yang nantinya ditanam.

“Cuma harus kita diskusikan dulu bibit pohonnya yang seperti apa, takutnya nanti begitu ditanam dan sudah bagus dan sudah besar malah di potong lagi. Oleh karena itu kami cari bibit-bibit pohon yang produktif tapi tidak memiliki ekonomis dari pohonnya. Sehingga tidak akan ditebang oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” jelas Rudy Heriyanto.

Terakhir, Rudy Heriyanto juga mengajak kepada seluruh masyarakat Baduy untuk terlibat dalam reboisasi tersebut.

“Untuk itu, saya meminta kesediaan dari para sesepuh yang hadir ini untuk membantu kami dan ikut untuk melakukan penghijauan termasuk reboisasi yang ada di daerah-daerah hutan penyangga yang ada di wilayah Baduy,” ajak Rudy Heriyanto.

Sementara itu, Jaro Saija menyambut baik rencana Kapolda Banten Irjen Pol Dr Rudy Heriyanto Adi Nugroho dalam melakukan reboisasi atau penghijauan di hutan adat Baduy.

Baca Juga:  Kampanyekan Tertib Prokes, Kapolresta Tangerang sambangi Tokoh Agama desa Cikupa

“Bagi kami kalo melestarikan alam kami mendukung, karena itu kegiatan yang bagus. Karena kalo alam kita rusak bisa terjadi bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. Untuk itu kami sangat mendukung rencana Bapak Kapolda Banten untuk melestarikan alam,” ucap Jaro Saija. (Hms/Red)

Komentar