oleh

Bupati Zaki Berikan Apresiasi Prestasi Atlet Peraih Medali PON Asal Kabupaten Tangerang

infobumi.com, TANGERANG—Rasa haru sekaligus gembira tampak pada wajah atlet-atlet peraih medali PON XX Papua 2020 untuk Banten asal Kabupaten Tangerang ketika diundang ke Pendopo Bupati Tangerang, Kamis (21/10). Para atlet yang mewakili Banten itu tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan berupa bonus dari Pemkab Tangerang, KONI Kabupaten Tangerang, BUMD hingga perusahaan-perusahaan swasta.

Pemkab Tangerang dan KONI Kabupaten Tangerang memberikan bonus kepada atlet yang meraih medali emas, perak dan perunggu serta para pelatih yang mendampingi. Atlet peraih medali emas seperti Danny Juswanto (catur), Dexy Priany (layar) dan Kirana Wardojo (layar) masing-masing memperoleh uang sebesar 40 juta rupiah dari Pemkab Tangerang dan KONI Kabupaten Tangerang. Bonus diberikan per medali sehingga Dexy Priany yang mendapatkan dua medali emas memperoleh uang 80 juta rupiah.

Kemudian peraih medali perak atas nama Amanah Nur Istiqomah mendapatkan bonus sebesar 25 juta rupiah. Sementara atlet peraih medali perunggu di nomor perseorangan seperti Syerina dan Dicky Zulfikar (judo) serta Danny Juswanto (catur) memperoleh 15 juta rupiah. Danny Juswanto yang mendapatkan dua medali perunggu pada PON XX Papua berhak atas bonus sebesar 30 juta rupiah. Sedangkan peraih medali nomor beregu masing-masing atletnya mendapatkan bonus 7, 5 juta rupiah. Mereka yakni Sara Yusuf dan Hafidz Fikriansyah (dayung), Gregory Roger Wardojo (layar) dan Serena Kani (bulutangkis).

Baca Juga:  Sinergitas TNI-Polri dalam Percepat Realisasi Program Vaksin Dengan menggelar Gerai Vaksin Presisi di Polsubsektor Citra Raya

Bonus juga diberikan kepada para pelatih masing-masing Dudi Darmadi (catur), Haerviner (judo), Yusuf Fachrobi (layar) dan Ahmad Yaman (dayung). Masing-masing pelatih mengantongi bonus yang berbeda-beda mulai dari Rp7.500.000 hingga 15 juta rupiah.

Besaran bonus yang diperoleh semakin bertambah karena KONI Kabupaten Tangerang menggandeng BUMD serta perusahaan swasta untuk turut memberikan apresiasi. BUMD yang turut memberikan bonus diantaranya Perumdam Tirta Kerta Raharja, BPR Kerta Raharja, LKM dan PD Pasar Kerta Raharja. Sedangkan perusahaan yang menyumbang diantaranya PT Paramount Land, Sinar Mas Land, Bank bjb dan Bank Banten.

Dexy Apriany yang meraih dua medali emas berhak mengantongi total 114 juta rupiah. Sedangkan Kirana Wardojo yang memperoleh satu emas mendapatkan 57 juta rupiah. Sementara Danny Juswanto memperoleh total 87 rupiah, terdiri dari 57 juta rupiah bonus medali emas serta 30 juta rupiah bonus dua medali perunggu.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar secara keseluruhan anggaran yang dihabiskan untuk pemberian bonus mencapai 505 juta rupiah. Dalam pemberian bonus itu, KONI Kabupaten Tangerang menganggarkan 345 juta rupiah sedangkan dana tambahan dari sponsor mencapai 160 juta rupiah.

Zaki mengungkapkan pemberian bonus merupakan bentuk apresiasi kepada atlet dan pelatih yang berprestasi. Dia mengaku merasa turut berbahagia ketika putra-putri terbaik dari Kabupaten Tangerang dapat mewakili Banten pada PON XX Papua lalu.

Baca Juga:  Kanit Intelkam Polsek Panongan,Monitoring Situasi Pasca Pungutan Suara di Desa Ranca Kelapa Kecamatan Panongan

“Medali-medali ini tidak diperoleh begitu saja tanpa melalui perjuangan keras para atlet. Mulai dari program latihan sampai dengan pada saat pertandingan. Proses panjang inilah yang membentuk karakter dan juga skil para atlet-atlet. Kalau bukan proses pembinaan panjang ini mustahil bisa mendapatkan 4 emas, 1 perak dan 7 perunggu untuk Banten,”ungkap Zaki di Pendopo Bupati.

Dia berharap para atlet yang telah mendapatkan medali tidak berhenti mencetak prestasi. Pria yang juga Ketua Perbasi Banten itu meminta atlet-atlet Kabupaten Tangerang tetap berlatih untuk meraih prestasi di event berikutnya bahkan mampu berprestasi di ajang internasional.

Ketua KONI Kabupaten Tangerang Muhammad Komarudin menambahkan apresiasi berupa uang juga diberikan kepada anggota kontingen Banten asal Kabupaten Tangerang yang gagal mendapatkan medali pada PON XX Papua 2021. Masing-masing akan mendapatkan uang sebesar 1 juta rupiah.

Menurut Komarudin, pada PON XX Papua, sebanyak 55 atlet serta 23 ofisial dari Kabupaten Tangerang membela Banten. Sebagian dari atlet asal Kabupaten Tangerang itu berhasil merebut 4 medali emas, 1 perak dan 7 perunggu untuk Provinsi Banten.

“Kami ucapkan terima kasih kepada atlet-atlet Kabupaten Tangerang dan pengurus cabang olahraga yang sekuat tenaga secara maksimal dalam menyiapkan atlet menghadapi PON Papua serta kepada Ketua Umum KONI Banten dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar,”ungkap Komarudin.

Baca Juga:  Pemkot Tangsel Terapkan 8 Aksi Penanganan Stunting Di Tangsel

Dalam kesempatan itu, Komarudin mengapresiasi pimpinan BUMD dan perusahaan swasta yang ikut ambila bagian dalam kegiatan pemberian bonus tersebut. Menurut Komarudin, partisipasi itu merupakan bukti keikutsertaan dunia bisnis terhadap perkembangan dunia olahraga di Kabupaten Tangerang.

Direktur Utama Perumdam Tirta Kerta Raharja Sofyan Sapar mengatakan BUMD yang memiliki tugas meningkatkan pendapatan asli daerah juga wajib mendukung kegiatan olahraga di Kabupaten Tangerang. Dia menjelaskan, pihaknya juga siap memberikan dukungan sarana prasarana untuk dunia olahraga.

“Ke depannya, BUMD akan membuat sarana dan prasarana olahraga untuk cabang olahraga yang perlu diakselerasi di Kabupaten Tangerang.”pungkas Sofyan.

Peraih medali emas catur Danny Juswanto mengaku merasa bangga dan terharu atas penghargaan yang diberikan kepadanya. Dia mengaku tidak menyangka bisa mendapatkan bonus sebanyak itu.

“Ini bukan hanya nikmat tapi juga angin segar karena saya tidak menyangka mendapatkan apresiasi sebesar ini. Saya merasa bangga dan terharu,”ungkap Danny.

Dexy Priani yang mendapatkan dua medali emas mengaku tidak menyangka dapat bonus besar. Dia berterima kasih kepada Pemkab Tangerang dan para sponsor yang sudah memberikan apresiasi kepadanya.

“Bonus ini akan saya gunakan untuk membangun rumah orang tua. Kemudian yang kedua ini saya akan gunakan untuk bulan madu, karena Dexy baru menikah bulan kemarin,”pungkasnya.

(Red)

Komentar

Berita Terkait