Usai Sidang ke 2 di Bawaslu Kabupaten Tangerang, Muhammad Rizal Caleg PAN DPR RI Dapil Banten 3 Sebut Marwah Bawaslu Harus Kita Jaga

infobumi.com, KABUPATEN TANGERANG, – Sidang kedua soal kasus dugaan pelanggaran administratif yang dilaporkan Muhamad Rizal Caleg DPR RI Dapil Banten 3 dari Partai Amanat Nasional (PAN) telah digelar di Bawaslu Kabupaten Tangerang.

Usai sidang ke 2 tersebut Muhammad Rizal menyebut bahwa kasus penggelembungan suara ini menurutnya bukan hanya soal pelanggaran administratif melainkan bisa menjadi ranah pidana Pemilu.

Sebab kata Rizal, ada unsur kesengajaan yang dilakukan oleh penyelenggara Pemilu dalam hal ini PPK Kecamatan Pasar Kemis mengambil suara beberapa Caleg lain termasuk dirinya sehingga terjadi penggelembungan suara untuk Caleg nomor urut 3 Okta Kumala Dewi di Dapil yang sama.

“Kita lihat, jika sidang proses administrasi ini selesai di Bawaslu, insyaallah saya akan lanjutkan ke ranah hukum, yakni pihak kepolisian,” ujar Rizal.

“Saya sampaikan dalam sidang tadi, berdasarkan bukti dan fakta yang ada, mengambil suara dari beberapa Caleg lainnya termasuk suara saya, yang siapa lagi kalau bukan pihak penyelenggara Pemilu,” ungkap Muhamad Rizal Caleg PAN Dapil Banten 3 seusai sidang di sekretariat Bawaslu Kabupaten Tangerang, Kamis (21/3/2024).

Baca Juga:  Ada 3 Provinsi dan 169 Kabupaten/Kota yang Belum Selesaikan Perkada terkait Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19

Lanjut kata Rizal, dugaan penggelembungan suara itu terjadi pada tiap tiap tempat pemungutan suara (TPS) di 2 Desa yakni Desa Gelam Jaya dan Desa Kuta Jaya Kecamatan Pasar Kemis Kabupaten Tangerang.

“Terjadi penggelembungan suara itu pada tiap tiap TPS di 2 Desa yakni Desa Gelam Jaya dan Desa Kuta Jaya,” ujarnya.

Rizal mengaku semua bukti dan fakta nya sudah dibeberkan dalam persidangan tersebut, kendati demikian ia berharap kepada Bawaslu Kabupaten Tangerang untuk bekerja sesuai dengan tupoksi nya, bersikap jujur dan adil sesuai dengan motto nya. Kita jaga Marwah Bawaslu.

“Kembali ke Bawaslu, sebagai lembaga independen saya berharap bisa bekerja sesuai fakta fakta yang ada, ” tandasnya.

Dalam persidangan ke 2 ini Muhammad Rizal pun merasa belum puas dengan jawaban-jawaban terlapor.

“Saya ingin mendengar jawaban yang jelas, kenapa bisa terjadi penggelembungan suara seperti ini, tapi mereka ppk tidak menjelaskan,” ungkap Rizal

Baca Juga:  Personel TNI-Polri Dikerahkan Untuk Membantu Korban Banjir

Sementara itu PPK Pasar Kemis saat hendak dikonfirmasi sejumlah wartawan tak memberikan ruang bagi awak media untuk diwawancarai.

“Nanti saja lain waktu,” ujarnya sambil bergegas meninggalkan area parkir Bawaslu, meskipun hujan, tak mengurungkan niat PPK untuk kabur dari lokasi tersebut.

Dan juga pengacara dari caleg PAN no 3 Okta Kumala Dewi saat ingin di konfirmasi belum mau memberikan tanggapannya kepada awak media.

Setelah sidang ke 2 tersebut, Agenda sidang ke 3 selanjutnya bakal dilanjutkan hari sabtu tanggal 23 Maret 2024.

(Red)

Komentar